4 Hal Penting Memilih Mouse Wireless

4 Hal Penting Memilih Mouse Wireless

Para pengguna komputer kini sudah semakin meningkat. Pertambahan jumlah pengguna komputer dari tahun ke tahun semakin banyak. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat begitu pentingnya komputer dan juga laptop dalam menunjang berbagai aktivitas pekerjaan kita sehari-hari. Di zaman ini, semakin banyak jenis pekerjaan yang menggunakan laptop dan komputer. Dari pekerjaan perkantoran hingga berbagai keahlian tertentu semuanya memakai komputer dan laptop. Keberadaan komputer tidak bisa dipandang remeh.

Dalam menggunakan komputer sering kita ditunjang adanya alat berupa mouse. Barang yang satu ini satu perangkat dengan komputer dan juga laptop. Dengan memakai mouse maka kita akan lebih mudah dalam mengoperasikan komputer. Tanpa ada mouse memang masih bisa mengoperasikan laptop dan komputer tetapi hal itu dirasakan lebih sulit. Dalam perkembangannya, mouse mengalami perubahan dibanding puluhan tahun yang lalu. Dulu mouse masih menggunakan kabel atau wired, tetapi sekarang sudah banyak orang yang telah menggunakan mouse wireless atau mouse tanpa kabel. Meski pun saat ini masih juga kita temukan mouse wired ini.

Banyak orang yang kini beralih lebih suka memakai mouse wireless dikarenakan adanya kelebihan tentunya. Mouse tanpa kabel dirasa lebih praktis. Mengoperasikan mouse jenis ini amat mudah dan juga lebih nyaman. Ketika kita memiliki mobilitas yang tinggi, maka memilih mouse jenis wireless ini sangatlah disarankan. Mudah sekali dibawa kemana-mana. Ruang gerak dari mouse wireless juga amat jauh dan sangat longgar. Pada mouse wireless kita perlu menyediakan baterai. Bila baterai tersebut habis maka perlu menggantinya dengan yang baru. Untuk milih mouse jenis wireless ini maka perlu kita memperhatikan beberapa hal yang penting, silakan menyimaknya berikut ini.

  1. Ceklah sistem sensor yang ada pada mouse
    Sistem sensor berpengaruh terhadap akurasi mouse wireless. Maka amat perlu untuk dipertimbangkan sistem yang ada pada mouse wireless tersebut sebelum menjadi pilihan kita. Setidaknya ada empat jenis sistem sensor utama.
    a. Tipe red led
    Harga model mouse wireless seperti ini amat terjangkau. Untuk penggunaanya juga cukup mudah. Banyak orang yang bisa menggunakannya. Tingkar akurasinya juga lamayan memuaskan. Perlu diperhatikan dalam menggunakan mouse tipe ini agar tidak menggunakannya pada bidang yang berwarna putih, mengkilap, dan berpola. Sebaiknya disiapkan mouse pad polos saja.
    b. Tipe LED infrared
    Tipe ini konsumsi dayanya lebih hemat. Bila kita sering bepergian dan memiliki mobilitas yang amat tinggi maka amat disarankan untuk memilih jenis ini. Baterai mouse begitu tahan lama. Untuk akurasinya juga tidak kalah bagus dengan tipe sensor optik.
    c. Tipe blue led
    Untuk tipe blue led ini kita tak perlu menggunakan mouse pad. Tingkat presisinya cukup tinggi sehingga akan memberikan kepuasan terhadap pengguna. Bahkan pada tempat berdebu pun masih bisa difungsikan secara baik. Tetapi ketika kita menggunakan alas berupa kaca yang transparan maka mouse wireless tipe ini tidak akan berfungsi secara baik.
    d. Tipe laser
    Untuk tipe seperti ini kemampuan dan akurasinya amat bagus. Mouse tipe ini tetap bisa difungsikan meski permukaan yang mengkilap dan tidak rata sekalipun. Tetapi bila dipakai pada permukaan kaca transparan maka tidak akan bagus dipakai.
  2. Ceklah cara pengisian dayanya
    Terdapat dua cara dalam mengisi daya baterai mouse. Bisa dengan cara charging dan dengan sistem baterai.
  3. Ceklah jenis mousenya apakah ringan dan nyaman
    Jika mouse berat maka kurang nyaman dipakai. Maka pilihlah yang ringan sehingga akan lebih nyaman.
  4. Melihat jenis koneksivitasnya
    Mouse wireless ada yang menggunakan model USB receiver dan yang kedua bluetooth. Mouse wireless model USB receiver tanpa ada setting pun bisa langsung terbuhubung dengan perangkat laptop dan komputer. Ketika dicolokkan maka langsung bisa dipakai. Untuk tipe bluetooth dalam menggunakannya perlu disetting terlebih dahulu. Kita bisa menggunakan mouse tipe bluetooth untuk beberapa perangkat komputer dan laptop sekaligus.

Dengan kita mengetahui beberapa tips tersebut maka kita sekarang tinggal mempraktekkannya. Saat hendak membeli mouse wireless perlu kita perhatikan hal di atas. Sehingga kita akan dapat secara tepat membeli sesuai kebutuhan dan keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *