Beginilah Cara Memilih Pulpen Yang Baik

Beginilah Cara Memilih Pulpen Yang Baik

Pulpen menjadi barang yang sangat penting dalam kehidupan peradaban manusia. Hampir tak ada satu pun manusia yang tak membutuhkan pulpen. Alat tulis sederhana ini memang tetap tidak tertinggal meski telah berganti zaman. Dari kakek nenek kita sampai sekarang pulpen tetap saja masih digunakan. Pulpen dipakai oleh segala usia. Siapa saja yang hendak menulis dalam sebuah kertas maka ia menggunakan pulpen. Sangat sederhana sebetulnya pulpen ini. Namun, manfaatnya sangat besar dirasakan. Semua orang sudah mengetahui tentang pentingnya pulpen ini.

Bagi seorang pelajar dan mahasiswa, pulpen merupakan peralatan wajib yang harus dimiliki. Dengan pulpen inilah berbagai ide dan hasil pemikiran bisa tertuang dalam sebuah tulisan. Saat seorang pelajar ada di sekolah maka ia selalu membawa pulpen. Tulis menulis sebagai sebuah aktivitas harian seorang pelajar dan mahasiswa tidak akan bisa dilakukan tanpa menggunakan pulpen. Tidak hanya para pelajar maupun mahasiswa saja yang banyak menggunakan pulpen untuk menulis. Seorang pekerja perkantoran juga banyak sekali menulis dan pulpen hampir tak pernah lepas dari tangannya.

Bahkan berbagai profesi lainnya juga tidak lepas dari aktivitas menulis menggunakan pulpen. Diantara profesi itu adalah apoteker, dokter, guru, dosen, akuntan, peternak, petani, pedagang, pejabat, pengacara, pegawai, dan lain-lain. Kalau ditelusur maka hampir semua profesi tetap memakai pulpen sebagai alat tulis. Yang membedakanya hanya frekuensi penggunaannya saja. Ada yang sering menulis dan ada pula yang jarang menulis. Begitu pentingnya pulpen dalam kehidupan sehari-hari. Dengan amat pentingnya pulpen ini maka kita perlu memilihnya yang baik. Kita perlu untuk memilih pulpen yang baik ketika hendak membelinya. Sehingga kita akan lebih enak dan nyaman ketika menggunakannya. Berikut ini, tips yang teman-teman bisa simak.

  1. Memilih ketebalannya
    Setiap pulpen memiliki ukuran ketebalan. Misalnya saja 0,2 mm dan 1 mm. Kebutuhan anda dalam menulis perlu disesuaikan dengan ketebalan dari pulpen ini. Bila anda menulis dengan tekanan yang lemah maka sangat pas bila memilih ukuran ketebalan yang kecil misalnya 0,3 mm. Namun, jika anda biasa menulis dengan tekanan yang kuat maka sebaiknya memilih pulpen dengan ukuran ketebalan yang lebih contohnya 1 mm.
  2. Melihat penampilan pulpen
    Pastikan pulpen yang kita beli bagus penampilannya. Bila anda seorang yang begitu sering menggunakan pulpen maka mau tidak mau pasti sering melihat pulpen ini. Jika pulpen itu tampilannya menarik tentu akan menjadikan diri kita semakin senang menggunakannya.
  3. Memilih jenis tintanya
    Jenis tinta dari pulpen amat berkaitan dengan tujuan penggunaannya. Maksudnya setiap jenis tinta itu cocok untuk menulis tertentu. Tinta dengan basis air cocok dipakai menulis tulisan yang indah. Tinta ini akan mudah kering jika tidak ditutup pulpennya. Tinta yang berbasis minyak dipakai untuk menulis tulisan yang akan awet dalam jangka panjang. Dokumen penting yang akan digunakan dalam jangka waktu yang lama maka sebaiknya menulisnya dengan tinta basis minyak. Tinta berbasis gel juga memiliki ketahanan atau keawetan yang lumayan lama ketika untuk menulis.
  4. Mengecek beratnya
    Sebaiknya memilih pulpen yang ringan. Dengan pulpen yang ringan bebannya ini akan tidak membuat anda yang menulis mudah lelah tangannya. Berbeda dengan pulpen yang berat. Tetapi hal ini dikembalikan kepada anda sendiri. Bila lebih menyukai yang pulpen berat juga tidaklah mengapa.

Itulah beberapa tips penting ketika kita hendak membeli atau memilih pulpen. Seolah memilih pulpen ini persoalan yang sepele tetapi sebetulnya ini juga hal yang amat penting dalam keseharian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *