Cara Agar ASI Mudah Segera Keluar

Setiap bayi yang baru lahir di dunia ini sangat membutuhkan ASI atau air susu ibu. Adanya ASI ini sangatlah penting. Sebagai sebuah kenyataan bahwa seorang bayi memerlukan ASI ketika ia lahir di dunia. Maka bila ada seorang ibu yang baru melahirkan kemudian ASInya belum keluar maka akan merasa khawatir. Wajarlah sikap tersebut. Bayinya ingin segera minum ASI. Ketika ASI belum keluar maka bayi itu akhirnya menangis terus menerus. Peristiwa seperti ini sering terjadi di masyarakat. Terutama pada ibu yang baru melahirkan anak pertama.

Ketakutan dan kekhawatiran seorang ibu tidaklah mengherankan. Bahkan terkadang orang yang ada di sekitar kita pun juga ikut khawatir atas kondisi tersebut. Kita tentu sangat kasihan pada si bayi yang kehausan itu. Sebetulnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar ASI bisa segera keluar. Tentu saja teman-teman pembaca ingin segera mengetahuinya bukan? Baiklah, mari kita simak berikut ini.

  1. Memilih bahan makanan yang membantu melancarkan ASI
    Cara ini terbukti sangat ampuh. Makanan menjadi bahan kebutuhan pokok. Bagi seorang ibu yang sedang menyusui maka perlu memilih makanan tertentu. Pemilihan makanan yang akan dikonsumsi ini sangat berpengaruh kepada terpenuhinya ASI. Beberapa jenis makanan yang amat bagus untuk bisa memperlancar keluarnya ASI antara lain: bayam, katuk, dan kacang panjang.
  2. Menjaga kondisi tubuh agar tetap bisa rileks
    Meskipun proses kelahiran membutuhkan perjuangan yang keras dari seorang ibu. Prosesnya memang melelahkan seorang ibu. Tetapi meski menghadapi kondisi yang demikian, seorang ibu hendaknya mengusahakan kondisinya tetap bisa dibuat rileks. Kondisi rileks ini akan membantu ASI bisa cepat keluar.
  3. Cukup minum air putih
    Seorang ibu yang baru saja melahirkan hendaknya banyak minum air putih. Kala seorang ibu melahirkan anaknya maka ia mengeluarkan banyak sekali tenaga. Tidak sedikit keringat yang keluar bercucuran. Untuk itu, perlu sekali minum yang banyak agar cairan yang keluar bisa segera tergantikan. Termasuk juga ASI pun bisa segera keluar dengan banyak minum air putih ini.
  4. Selalu melakukan stimulasi agar bayi menyusui
    Meski setelah baru saja melahirkan ASI belum keluar, tetap saja dianjurkan agar kita melakukan stimulasi. Caranya dengan mendekatkan mulut bayi di payudara ibu. Pastikan mulut bayi menghisap atau menyusui sesering mungkin. Meski pun tidak atau belum keluar ASInya namun cara ini akan efektif membuat ASI bisa cepat keluar.
  5. Menjatuhkan pandangan kepada si bayi dengan penuh rasa sayang
    Kelahiran seorang anak menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri. Rasa bahagia itu kadang sampai sulit diungkapkan dalam kata-kata. Anak merupakan buah hati dan belahan jiwa. Seorang ibu tentu sangatlah sayang kepada anaknya. Satu cara yang juga bisa dilakukan agar ASI bisa cepat keluar yakni seorang ibu memandang si bayi dengan penuh rasa kasih sayang.

Beberapa cara di atas sangatlah efektif untuk membuat ASI bisa segera keluar. Seorang ayah maupun ibu tentu akan sangat bahagia bila ASI bisa keluar dan sang bayi bisa minum ASI. Apalagi bagi seorang ibu, menyusui sang buah hati merupakan kesenangan yang luar biasa.