Budidaya Tomat Dengan Pot

Cara Budidaya Tomat Dengan Pot

Tomat bukan hal yang asing bagi masyarakat umum. Buah tomat sering dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat dari tomat sangatlah luar biasa. Menjadi penting untuk kita sediakan tomat di rumah. Jika tidak ada maka kita bisa membelinya. Tetapi, ada cara lain yang lebih kreatif dalam rangka memperoleh buah tomat ini. Caranya dengan kita menanamnya sendiri di rumah. Bila kita butuh maka tinggal memetiknya langsung. Tidak perlu kita keluar uang barang sepeser pun.

Tentu hal seperti ini amat diinginkan oleh banyak orang. Kita ingin punya tanaman tomat sendiri di rumah. Bila ingin membutuhkannya maka cukup tinggal memetik. Bila teman-teman punya lahan yang cukup luas dan belum ditanami maka bisa segera untuk memanfaatkan lahan tersebut. Terutama kalau teman-teman hidup atau bertempat tinggal di daerah pedesaaan. Di sana biasanya terdapat banyak sekali lahan yang masih kosong. Cukup bijak dan bagus bila lahan tersebut kita manfaatkan dengan sebaik baiknya.

Berbeda bila teman-teman hidup di perkotaan. Amat sulit menemukan lahan yang kosong. Maka mesti mencari cara bagaimana bisa bertanam tomat. Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan menanam tomat dengan menggunakan pot. Perlu kita ketahui bahwa dengan menanam tomat di dalam pot ini setidaknya kita akan mendapatkan beberapa keuntungan, diantaranya adalah:
1). Kita bisa menanam tomat tanpa memerlukan lahan yang luas. Meski kita hidup di rumah yang lingkungannya sudah padat dengan penduduk pun tetap saja bisa menanam tomat. Alasan tak punya lokasi juga bisa ditepis dengan cara menanam menggunakan pot.
2). Perawatan tetap mudah dilakukan. Bahkan mungkin lebih mudah dikerjakan perawatannya. Kita bisa menyiram dan memupuk tanaman tomat dengan mudah. Kegiatan mengontrol tanaman dari serangan hama pun juga menjadi lebih mudah. Ketika menempatkan pot itu dekat di samping rumah misalnya maka kita akan lebih sering melihatnya.
3). Tidak memerlukan tenaga kerja yang banyak. Kita bisa melakukan penanaman dan perawatan sendiri terhadap tomat yang kita tanam di pot tersebut. Jadi, tak perlu kita mengeluarkan biaya untuk tenaga kerja.
4). Bisa berbuah lebih optimal. Tanaman tomat yang kita tanam bisa menghasilkan buah yang begitu lebat dan banyak.

Setelah menyimak berbagai keuntungan seperti di atas, kita akan mulai tertarik untuk segera bertanam tomat. Tetapi, sabar dulu. Kita perlu mengetahui bagaimana cara bertanam tomat di pot dengan baik. Baiklah, mari kita simak bagaimana cara menanam tomat dengan baik berikut ini.

  1. Persiapkan bibit yang terbaik atau unggul,
    Sebelum kita menanam tomat maka perlu sekali mencari bibit yang benar-benar unggul. Memang hal ini tidak berlaku pada tomat saja. Bertanam apa saja tetap kita perlu memilih bibit yang unggul. Bibit yang unggul ini akan berperngaruh kepada kualitas tanaman tomat kita nantinya. Sebab dari bibit unggul ini akan menghasilkan tomat yang tahan hama, buahnya banyak, dan rasanya disukai. Diantara cara memilih bibit tomat yang berkualitas yakni biji tersebut besar ukurannya dan tidak terdapat cacat pada biji.
  2. Mulai menyemai biji tomat.
    Cara menyemainya yakni biji direndam air yang sudah lebih dulu diberikan campuran fungisida. Ini berfungsi untuk mencegah penyakit yang dibawa biji sekaligus mengatasi hama. Setelah proses merendam selesai, tempatkan biji ke media penyemaian yang berasal dari campuran tanah dan pupuk dengan rasio perbandingan 1:1. Jangan lupa untuk melubangi media semai sedalam 2-3 cm.
  3. Menyiapkan media tanam pot.
    Untuk media tanam yang dipakai berupa campuran tanah, pasir, dan pupuk dengan rasio perbandingan setara, yaitu 1:1:1.
  4. Proses penanaman.
    Saat media tanam berupa pot sudah siap digunakan, bibit tanaman tomat yang sudah berumur 20 hari dipindahkan ke pot.

Langkah berikutnya yakni melakukan perawatan dan bila sudah siap dipanen maka tinggal memanennya. Jadi cukup mudah saja kita menanam tomat di pot itu. Buah tomat sangatlah bermanfaat untuk manusia.

Related Posts