Cara Memakai Sabuk Pengaman Mobil

Mobil untuk saat ini memang kendaraan yang penting sekali. Mobilitas manusia di zaman ini sangat terbantu dengan adanya mobil. Berbagai aktivitas kehidupan selalu saja berkait dengan mobil. Kita setiap hari yang bekerja ke kantor biasanya naik mobil. Tatkala hendak bepergian berkunjung ke rumah kerabat yang jauh pun kita memilih menggunakan mobil. Kala ingin bertamasya ke tempat-tempat yang jauh pun akan memilih menggunakan mobil. Jadi, mobil sangatlah penting.

Kita pun perlu tahu dalam hal mengendarai mobil ini. Tahu akan hal-hal yang diperlukan. Satu hal yang penting itu ialah mengenai cara memakai sabuk pengaman. Kita semua tahu bahwa setiap orang yang mengendarai mobil diwajibkan memakai sabuk pengaman. Kewajiban ini sangatlah penting agar keamanan dan kenyamanan bisa terwujud. Tetapi, kita pun juga perlu mengetahui dengan baik bagaimana cara memakai sabuk pengaman dengan benar. Berikut ini kami tuliskan beberapa hal mengenai cara memakai sabuk pengaman mobil.

  1. Memperhatikan tentang posisi duduk
    Ketika memakai sabuk pengaman maka kita perlu posisi duduk yang benar. Tidak asal duduk saja saat naik mobil atau mengendarainya. Untuk posisi duduk yang benar yakni posisi kedua kaki tetap berada di lantai dan menyejajarkan punggung kita dengan sandaran kursi. Seolah ini hal yang sepele, tetapi kalau tidak kita ikuti maka kita tidak akan bisa merasa nyaman dalam berkendaraan nantinya.
  2. Memakai sabuk pengaman bagian atas dengan benar.
    Memasang sabuk pengaman pada bagian atas harus dengan tepat. Pastikan kita tepat dalam memakai sabuk ini pada bagian atasnya. Pemakaian yang tepat sangat berpengaruh dalam keamanan seorang pengendara nantinya. Termasuk pula kenyamanan pun bisa dirasakan dengan benarnya cara memasang sabuk.
  3. Posisi sabuk pengaman di bahu.
    Ini perlu sekali menjadi bahan perhatian para pengemudi dan siapa saja yang naik kendaraan. Jangan gunakan sabuk pengaman pada bagian bawah ketiak kita. Atau menggunakan sabuk pengaman di bagian leher malahan. Yang paling tepat menggunakan sabuk pengaman yakni di bahu.
  4. Posisi sabuk lurus tidak terpelintir.
    Dikarenakan karena tergesa-gesa terkadang banyak orang yang menggunakan sabuk pengaman dalam kondisi yang terpelintir. Tidak lurus. Tentu hal ini tidaklah bagus. Jika sabuk terpelintir maka kita yang memakainya tidak akan merasa nyaman. Ditambah lagi tingkat kekuatan dalam menahannya pun bisa tidak efektif.
  5. Sabuk pengaman sudah terkunci benar bila digunakan.
    Ketika kita menggunakan sabuk pengaman jangan lupa menguncinya dengan benar. Jangan hanya asal memakai saja sabuknya. Seperti diselempangkan di dada saja. Hanya ingin dilihat oleh orang lain sudah mengenakan sabuk pengaman. Akan tetapi, ia sebetulnya hanya asal-asalan saja dalam pemakaiannya. Seharusnya, kita harus memakai sabuk dalam posisi terkunci. Jadi nanti ada suara klik ketika kita sudah menguncinya dengan tepat. Ketika sabuk dalam posisi terkunci maka ini akan sangat aman bagi penggunanya. Meskipun mengerem mendadak misalnya maka sabuk pengaman ini akan mampu secara efektif menahan badan penggunanya. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.
  6. Sabuk pengaman tidak dirancang untuk anak kecil.
    Bagi anak kecil yang naik mobil maka ia seharusnya ada pendampingnya. Misalnya saja oleh orang tua atau siapa saja. Sabuk pengaman mobil memang tidak untuk anak kecil dengan usia di bawah 12 tahun.