Cara Memilih Buah Alpukat Yang Bagus

Buah alpukat memiliki penggemar yang tidak sedikit. Banyak orang yang menyukai buah yang satu ini. Tak hanya satu atau dua orang saja yang suka dengan alpukat. Tetapi banyak orang yang menyukainya. Alpukat sebagai sebuah buah disukai oleh banyak orang karena kandungan manfaatnya yang amat luar biasa. Buah alpukat ini sangatlah bagus untuk dikonsumsi setiap hari. Buah alpukat ini mengandung protein yang cukup tinggi. Di samping itu, alpukat juga mengandung lemak nabati. Akan tetapi, makan buah alpukat tidak akan membuat seseorang menjadi gemuk. Ini satu keunggulannya yang membuat banyak orang bertambah suka menikmati alpukat.

Harga alpukat seberapa besar tetap saja banyak peminatnya. Tetap akan ada orang yang membeli alpukat meski harganya cukup lumayan tinggi pada waktu-waktu tertentu. Namun, karena manfaatnya yang tergolong luar biasa itu maka pembelinya seolah-olah tak terpengaruh sama sekali. Khususnya pembeli dari golongan ekonomi menengah atas. Tatkala kita suka dengan buah alpukat ini maka membeli menjadi cara yang paling cepat untuk bisa mendapatkannya. Untuk membeli alpukat sebaiknya kita memilihnya terlebih dahulu. Kita perlu memilih buah alpukat yang paling baik dan bagus. Cara memilih buah alpukat yang matang dan bagus adalah sebagai berikut:

  1. Mengecek tekstur kulit buah alpukat
    Untuk bisa mengetahui buah alpukat yang sudah matang dan bagus maka kita perlu melihat tekstur kulit dari buah tersebut. Untuk buah alpukat yang telah matang maka memiliki tekstur kulit yang bergerindil. Teksturnya pun agak kasar bila diraba. Untuk bisa mengecek tekstur dari buah alpukat secara detail maka perlu memegang atau setidaknya melihatnya dari jarak yang amat dekat. Bila melihat saja dan jaraknya melihatnya agak jauh maka sulit untuk bisa mengecek buah alpukat ini secara tepat. Maka tatkala kita membeli buah alpukat maka pastikan untuk kita mengecek dari jarak yang dekat. Bahkan bagus lagi bila kita merabanya.
  2. Melihat warna dari buah alpukat tersebut
    Melihat warna kulit buah alpukat merupakan perkara yang amat mudah dan praktis. Siapa saja bisa melakukan hal tersebut. Lantas, warna buah alpukat yang matang itu seperti apa? Ini menjadi pertanyaan yang sering disampaikan. Untuk buah alpukat yang matang maka kulit buah alpukat akan berwarna kehitam-hitaman. Tidak hanya hitam saja tetapi juga mengkilap. Tetapi tidak asal hitam saja. Kalau hitamnya itu kusam maka buah alpukat sudah terlalu matang. Ini pun kurang bagus tentunya. Jika warna kulitnya masih hijau maka belum matang alias masih mentah.
  3. Menggoncangkan buah dan mendengarkan bunyinya
    Ini cara yang klasik tetapi sangat efektif untuk tetap dilakukan. Kita pegang buah alpukat lalu sedikit digoncangkan. Saat menggoncangkan itu pastikan posisisinya dekat dengan telinga kita. Sebab kita akan mendengarkan bunyi dari goncangannya. Bila digoncangkan itu ada bunyinya maka kemungkinan buah alpukat itu sudah matang sebab biji alpukat sudah terlepas dari daging buahnya.
  4. Melihat tangkai buah alpukat
    Tepatnya kita mengecek bekas tangkai dari buah alpukat tersebut. Jika bekasnya berwarna coklat muda maka kemungkinan besar buah alpukat tersebut telah matang benar. Namun, jika bekas tangkainya berwarna hijau maka kemungkinan besar belum matang buahnya.