Cara Memilih Buah Mangga Yang Matang dan Manis

Mau membeli buah mangga untuk dibawa pulang ke rumah? Tentu ini penting untuk kita lakukan. Sangat perlu kita membeli buah mangga sebab buah ini rasanya memang manis sekali. Yang suka sangatlah banyak. Termasuk kita sendiri pun suka sekali menikmati manisnya buah mangga. Mencari buah mangga tidaklah sulit. Buah lokal dalam negeri ini banyak sekali yang menjualnya. Apalagi kalau sudah masuk masa pemanenan buah mangga. Misalnya pada masa bulan-bulan agustus hingga nopember tiap tahunnya.

Pada bulan-bulan tersebut kita bisa dengan mudah melihat pohon mangga yang berbuah begitu lebat. Tidak hanya satu atau dua pohon saja. Hampir seluruh pohon mangga sedang berbuah pada waktu tersebut. Sehingga tidaklah terlalu sulit kita menjumpai buah mangga dimana-mana. Orang yang menanam atau memiliki pohon mangga pun banyak sekali. Biasanya pohon ini ditanam di tanah-tanah kosong pekarangan rumah seseorang. Cara seperti ini sangatlah tepat. Bisa memanfaatkan lahan yang kosong sehingga lahan tersebut bisa lebih bermanfaat. Jika pohonnya lebih dari satu atau bahkan banyak maka buahnya pun nanti akan melimpah ruah. Buahnya bisa dijual dan lumayan pula dapat uang. Bisa untuk tambahan penghasilan dan membayar tagihan bulanan untuk listrik atau air.

Untuk kita yang ingin mencari buah mangga karena tidak punya pohonnya caranya dengan membeli di toko buah. Kalau pada saat masa-masa panen maka bisa langsung membeli di banyak penjual yang berjualan di pinggir-pinggir jalan raya. Jika pada masa panen memang harga buah mangga cenderung jauh lebih murah. Akan tetapi, ketika kita hendak membeli buah mangga maka kita perlu mengetahui caranya memilih buah mangga yang matang dan manis. Tentunya buah yang kriterianya seperti ini yang kita sukai. Berikut ini beberapa cara yang mesti kita lakukan dalam memilih buah mangga yang manis dan matang.

  1. Mencium buah mangga.
    Mengapa cara ini kita lakukan? Sebab buah mangga yang matang dan berasa manis itu pada umumnya akan mengeluarkan aroma yang khas wanginya. Bahkan terkadang dari jarak yang tidak amat dekat pun bisa kita deteksi aroma dari buah mangga ini. Meski kita belum mengelupas buah mangga tersebut tetap saja muncul aromanya yang khas. Jadi sangatlah mudah untuk melakukan hal ini. Hanya saja kalau sedang tergesa-gesa maka bisa lupa melakukannya. Sebab biasanya orang yang tergesa-gesa atau terburu-buru ini tidak akan sempat untuk melakukan hal sederhana seperti ini.
  2. Memperhatikan tekstur kulit dari buah mangga.
    Ini pun juga bukan pekerjaan yang sulit untuk dilakukan. Kita bisa melakukannya dalam waktu singkat. Cukup dipegang saja buah mangga yang akan kita pilih itu. Para pedagang buah akan dengan senang hati mempersilahkan kita sebagai seorang pembeli untuk memegang buah yang hendak dibeli. Secara umum kita akan jumpai bahwa buah mangga yang matang dan manis rasanya itu memiliki tekstur kulit yang mulus dan licin.
  3. Memperhatikan warna kulit buah mangga.
    Kita juga harus jeli dengan warna kulit buah mangga. Ketika buah mangga itu sudah matang maka biasanya punya warna kulit yang berbeda dengan ketika masih muda. Beberapa jenis buah mangga kalau matang warnanya menjadi kuning tua atau kekuning-kuningan. Jenis yang lainnya ada yang berwarna hijau agak keputih-putihan. Ada pula yang warnanya yang lainnya. Semuanya tergantung pada jenis dari buah mangga tersebut. Untuk itu kita perlu bertanya kepada penjualnya mengenai apa nama jenis buah mangga yang mereka jual.

Demikian cara singkat dalam memilih buah mangga yang sudah matang dan rasanya manis. Semoga menambah manfaat untuk para pembaca yang berbahagia.