Cara Memilih Buah Melon Yang Matang Dan Manis

Makanan menjadi hal yang pokok bagi manusia. Termasuk di dalam makanan ini ada macam-macamnya. Diantara jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk banyak dikonsumsi adalah buah-buahan. Tentu para pembaca sudah sangat sering mendengar dari para ahli gizi dan pakarnya yang menganjurkan kita untuk banyak makan buah-buahan. Dari buah-buahan pun ada banyak sekali pula jenisnya. Satu jenis buah itu ialah melon. Buah ini pun sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas.

Ketika kita ingin membeli buah melon pastinya selalu memilihnya. Yang dipilih adalah buah melon yang rasanya manis. Untuk mendapatkan buah melon yang manis maka perlu memastikan bahwa buah melon tersebut sudah matang. Untuk itu kita perlu mengetahui cara bagaimana memilih buah melon yang matang dan manis. Untuk itu kita simak caranya berikut ini.

  1. Mengeceknya warna kulitnya
    Cara ini sangatlah mudah. Kita melihat dulu warna buah melon yang hendak kita beli. Perlu kita perhatikan dengan baik kulitnya. Untuk kulit melon yang telah matang mempunyai corak jaring-jaring kulit yang cukup tebal. Jumlah jaring-jaringnya ini relatif banyak tidak hanya satu atau dua saja. Kemudian untuk warna garis pada jaring-jaring itu pilihlah hijau agak keputihan. Itu ada di semua permukaan pada buah melon. Di samping ada memilih corak yang seperti itu, kita pun hendaknya memilih warna melon yang hijau agak kekuning-kuningan. Bukan yang berwarna tidak hijau yang sempurna.
  2. Melihat bentuk buah melon
    Kita juga perlu melihat bentuk dari buah melon. Untuk buah melon yang matang dan manis biasanya bisa dicek dari bentuknya. Bentuk buah melon yang manis ialah sedikit oval. Jika buah melon itu bulat secara sempurna maka biasanya malah tidak manis sekali.
  3. Melihat ukuran berat dari buah melon
    Selain melihat warna dan juga bentuknya, kita perlu melihat ukuran berat dari buah melon. Umumnya untuk buah melon yang matang dan manis itu memiliki berat yang lebih. Kadar air pada buah melon yang sudah matang akan lebih besar. Lalu bagaimana kita akan mengeceknya? Tidak begitu sulit untuk hal ini. Cukup kita angkat saja. Bila cukup berat maka itu berarti buah sudah matang dan akan manis rasanya.
  4. Mencium aroma dari buah melon
    Untuk buah melon yang matang dan manis maka akan muncul aroma yang khas pada kulitnya. Jadi, kita mencium dulu aromanya sebelum kita membeli buah melon. Ketika ada atau muncul aroma manis dari kulit buah melon maka itu bisa menjadi pertanda kuat bahwa buah itu memang manis. Layak untuk kita beli buah melon yang seperti ini.
  5. Mengecek bagian tangkai buah melon
    Untuk buah melon yang matang dan manis memiliki ciri khas pada bagian bawah tangkainya. Lihatlah tekstur jaring di bawah tangkai dari buah melon tersebut. Apabila jumlah tekstur jaringnya sedikit maka itu menandakan buah melon tersebut manis.
  6. Mengetuk buah melon
    Tentu saja kita mengetuknya dengan tangan saja. Bukan memakai alat apa pun. Dengarkan dengan seksama ketika kita mengetuk buah melon tersebut. Jika ada atau muncul bunyi gema ketukan maka buah melon tersebut jelas-jelas sudah matang. Tentu saja kalau sudah matang maka rasanya akan manis.

Begitulah cara sederhana untuk kita memilih buah melon yang matang dan manis. Tentu kita tidak ingin membeli buah melon yang masam. Maka kita perlu mengingat betul cara di atas. Buah melon yang kita beli pun tidak akan mengecewakan karena manis serta disukai seluruh anggota keluarga.