Cara Memilih Buah Naga Yang Manis

Buah naga pernah menjadi trending topik beberapa tahun silam. Pada waktu tersebut menanam buah naga menjadi hal yang sangat dianjurkan karena dapat menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan. Tak heran bila banyak lahan kosong yang potensial pun ditanami dengan buah naga. Segala perlengkapan dan peralatan dipersiapkan untuk menanam buah tersebut. Di setiap daerah sering kita menemui buah tersebut. Buah naga menjadi terkenal dalam waktu singkat. Di penjuru tanah air mudah untuk mendapatkannya.

Buah naga juga dapat dipanen dalam tiap tahunnya. Belum lagi dari kandungan nutrisi yang ada di dalam buah naga ini. Nilai gizi berupa vitamin, mineral dan seratnya memang sangat penting bagi tubuh. Utamanya bagi mereka yang ingin selalu menjaga kesehatan tubuh, buah naga menjadi makanan yang sering dikonsumsi. Di samping tentu kita perlu mengkonsumsi buah yang lainnya pula. Ketika kita ingin menikmati buah naga maka tidak perlu harus menanamnya sendiri. Apalagi bila kita tidak memiliki sepetak pun tanah yang masih kosong. Sulit tentunya untuk bisa menanam buah naga tersebut. Maka salah satu solusinya yakni dengan kita membeli saja ke toko atau warung buah. Umumnya di sana akan banyak sekali buah naga yang bisa kita beli. Nah, agar kita bisa mendapatkan buah naga yang manis dan berkualitas maka kita perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Melihat kondisi batang buah
    Kita usahakan untuk mengecek tekstur dari batang buah naga. Cobalah kita tekan batang buah naga tersebut. Sebaiknya memilih buah naga yang sudah empuk. Namun, tidak disarankan memilih buah naga yang terlalu empuk. Bila buah naga matang langsung di pohonnya maka itu sangat bagus. Ditambah lagi bila pemetikannya tepat pada waktunya. Kondisi seperti ini akan menambah manis rasa dari buah naga tersebut.
  2. Lihatlah bagian kulit luar dari buah naga
    Cara seperti ini sangatlah mudah dilakukan. Buah naga yang masih segar akan terlihat dari ciri-ciri pada fisik warna kulitnya. Buah naga yang manis juga kelihatan dari warna kulitnya yang pink cerah. Penyebaran warna pink cerah ini juga menyebar di seluruh bagian kulit buah naga. Tidak hanya pada satu atau bagian saja namun semua bagian kulit luar buah naga sama saja warnanya.
  3. Mengecek adakah noda pada buah naga tersebut
    Bila buah naga ada nodanya maka disarankan untuk tidak memilihnya. Pada umumnya, buah naga yang ada nodanya seperti itu biasanya terjadi kerusakan di dalamnya. Apalagi bila di kulit buah naga tersebut terdapat bintik-bintik dan lubang kecil. Besar kemungkinan ada kerusakan di dalam buah naga tersebut.
  4. Melihat kelopak buah naga
    Dalam setiap buah naga biasanya selalu tertutup sebagiannya dengan kelopak buah naga. Pastikan pula pada kelopak tersebut warnanya cerah semua. Pada bagian ujung-ujungnya tidak ada warna kecoklatan.
  5. Mencium aromanya
    Buah naga juga mengeluarkan aroma meskipun tidak begitu menyengat. Manis dan segar bisa tercium dari aromanya. Demikian sebaliknya, bila buah naga sudah mulai membusuk pun akan mengeluarkan aroma pula. Buah seperti ini mesti dihindari untuk membelinya.

Tips sederhana tersebut sangatlah penting untuk kita ketahui. Dalam satu atau beberapa kesempatan sudah menjadi hal yang wajar bila kita belanja buah. Tak terkecuali buah naga yang kita beli. Warna dari buah naga yang begitu mencolok sering membuat kita terpikat untuk segera membelinya. Baiklah, sampai di sini dahulu pembahasan tips ini. Harapan kami semoga kita bisa berbelanja buah naga tepat sesuai keinginan dan harapan. Buah yang manis dan segar.