Cara Memilih Buah Sawo Yang Matang dan Manis

Sawo menjadi satu jenis buah yang sangat terkenal di nusantara ini. Rasanya enak dan manis. Hingga sulit untuk melupakan rasa manis khasnya. Pohon sawo pun juga banyak kita temui di berbagai tempat. Untuk mencari buah sawo pun tidak sulit akhirnya. Meskipun kita mesti membelinya. Harga dari buah sawo pun relatif murah dan amat terjangkau. Siapa saja bisa dengan mudah untuk membelinya. Di toko-toko buah biasanya dipajang banyak dari buah sawo. Kalau ingin mendapatkan buah sawo maka tidaklah perlu kita khawatir.

Buah sawo adalah buah yang berwarna coklat dan berbentuk bulat. Dengan warnanya yang coklat menginspirasi orang-orang untuk menyebut orang yang memiliki kulit kecoklatan dengan sebutan kulit sawo matang. Orang yang berkulit warna sawo matang pun sangatlah banyak. Selain memiliki rasa yang manis yang khas ini buah sawo juga punya manfaat penting untuk tubuh kita. Terdapat kandungan vitamin di dalamnya. Ketika kita ingin makan buah sawo cukup langsung dicuci dengan air bersih dan langsung dimakan. Tetapi kalau ingin dikelupas juga tidaklah mengapa. Ketika kita hendak ingin membeli buah sawo maka harus memilih yang bagus kualitasnya. Buah sawo yang kita pilih itu sudah matang dan manis sehingga hal itu membuat buahnya sudah siap untuk dikonsumsi. Baiklah, di sini kami akan berbagi cara bagaimana memilih buah sawo yang matang dan manis.

  1. Dengan melihat warna buah sawo tersebut.
    Melakukan hal ini sangatlah mudah. Cukup langsung kita melihatnya saja. Untuk buah sawo yang sudah matang benar maka warna kulitnya coklat tua. Warna coklat tua ini juga menandakan bahwa buah sawo tersebut sudah tua. Dan warna coklat tua tersebut merata di seluruh kulit atau permukaan buah sawo. Tentu saja untuk masalah melihat warna buah sawo ini bukan hal yang sulit. Tetapi jika kita tidak tahu maka tentunya akan bisa salah dalam cara memilih buah sawo.
  2. Mengecek tekstur permukaan kulit buah sawo.
    Sebaiknya kita memilih buah sawo yang permukaannya memiliki tekstur yang halus. Di seluruh permukaan kulit sawo tersebut halus. Tidak disarankan untuk memilih buah sawo yang pada kulitnya terdapat kerusakan baik itu adanya goresan, lubang yang kecil atau besar, dan beberapa jenis kerusakan yang lainnya. Buah sawo yang tekstur permukaanya halus menandakan buah tersebut berkualitas bagus. Tetapi sebaliknya, jika terdapat kerusakan pada kulitnya maka daging buah di dalamnya pun tidak bagus. Biasanya mengeras dan tentunya tidak berasa manis sebagaimana sawo yang matang umumnya.
  3. Tidak terdapat getah pada buah sawo.
    Penting juga untuk melihat masalah ini. Kita perlu memastikan pada kulit buah sawo tersebut tidak terdapat getah sedikit pun. Apa artinya getah pada buah sawo. Ketika buah sawo terdapat getah maka ini bisa menandakan buah sawo tersebut memetiknya pada waktu masih muda. Dengan memetik buah sawo dalam keadaan masih muda ini akhirnya mengeluarkan getah. Tentu saja rasa manisnya tidak akan sama dengan ketika buah sawo dipetik dalam keadaan sudah tua. Jika buah sawo dipetik dalam keadaan sudah tua maka tidak ada getah yang menempel sama sekali. Jadi, kita sebagai pembeli mesti jeli melihat hal seperti ini.
  4. Tidak memilih buah sawo yang memar.
    Ketika kita hendak membeli buah sawo maka perlu sekali mengecek satu per satu. Kita perlu pastikan buah sawo tersebut tidak ada memarnya sama sekali. Mengapa demikian? Jika terdapat memar dalam buah sawo maka bisa jadi daging buahnya akan rusak dan bonyok. Dengan kondisi seperti itu maka tidak akan enak rasanya.