Cara Memilih Daging Sapi Yang Bagus

Daging sapi banyak disukai oleh masyarakat pada umumnya. Tingkat konsumsi masyarakat terhadap daging sapi juga tergolong tinggi. Rasa dari daging sapi memang enak. Bisa dimasak dengan berbagai varian menu. Berbagai menu masakan yang ada di masyarakat umumnya berbahan dasar dari daging sapi. Sebut saja misalnya rendang dan bakso. Dua macam masakan yang sudah amat terkenal ini bahan dasarnya dari bakso. Mengenai kandungan gizinya jangan ditanya. Daging sapi sangat tinggi nilai proteinnya. Zat ini sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Sangatlah tepat bila kita memilih daging sapi untuk konsumsi harian.

Sebelum kita memasak daging sapi maka kita perlu membelinya terlebih dahulu. Kala membeli ini kita sangat penting untuk bisa memilih. Pastinya memilih daging sapi yang bagus dan berkualitas. Untuk mendapatkan daging sapi yang benar-benar bagus itu kita perlu mengetahui caranya. Nah, pada kesempatan yang baik ini kami akan tuliskan beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam memilih daging sapi.

  1. Melihat warna daging sapi
    Melihat warna dari daging sapi bukanlah pekerjaan yang sulit. Ini mudah sekali dikerjakan. Sebelum membeli kita perlu memastikan warnanya. Lalu warna yang bagaimana daging sapi terbaik itu? Ini menjadi pertanyaan yang bukan hanya seorang yang menyampaiakannya. Akan tetapi banyak sekali yang menanyakan seperti itu. Daging sapi yang bagus warnanya kemerahan. Ditambah lagi warnanya pun terlihat segar dan bersih. Disarankan tidak memilih warna daging sapi yang pucat. Termasuk pula daging yang kotor sebaiknya tidak dipilih.
  2. Mengecek aroma atau bau daging sapi
    Daging sapi yang bagus memiliki aroma yang segar. Terdapat aroma dari daging sapi. Untuk daging sapi yang memiliki kualitas yang bagus maka aromanya akan segar. Aromanya tidak asam.
  3. Memperhatikan tekstur daging sapi
    Untuk memperhatikan tekstur daging sapi ini kita tidak hanya melihat saja. Namun, kita perlu memegangnya dengan tangan sendiri untuk hasil pengamatan yang lebih baik. Kita pegang dan rasakan teksturnya. Untuk daging sapi yang bagus maka teksturnya kenyal. Daging tidak lembek. Bila ditekan daging tersebut maka akan cepat kembali ke keadaan awal sebelum ditekan tadi. Namun, jika daging sapi tersebut kita tekan tetapi lembek maka itu menandakan kurang bagus kualitasnya.
  4. Adakah sertifikat halal penjual daging
    Masalah kehalalan ini sangatlah penting. Kita perlu mengetahui sertifikat halal yang dimiliki oleh penjual daging. Bila penjual daging telah memiliki sertifikat halal maka itu akan menentramkan kita. Kualitas daging sapi yang disembelih dengan cara yang benar akan menghasilkan daging yang berkualitas. Bila daging sapi berasal dari tempat penjual yang memiliki sertifikat halal maka proses penyembelihannya pun benar. Ini akan sangat berpengaruh kepada kualitas dagingnya nanti.
  5. Memeriksa kandungan air pada daging sapi
    Daging sapi yang bagus memiliki kandungan air yang proporsional. Daging tersebut tidak berair. Apabila daging sapi tersebut berair maka kualitasnya buruk. Kita perlu memeriksa dengan seksama mengenai hal ini. Maka sebelum membeli daging perlu kita melihat dengan jeli daging sapi tersebut.
  6. Kebersihan penjual daging
    Kita perlu sekali melihat masalah kebersihan. Tempat kita membeli daging mesti kita pastikan bersih. Penempatan daging sapi yang dijual pun berada di tempat yang bersih. Kualitas daging akan terjaga dengan perlakuan seperti itu. Berbeda bila penempatan daging asal saja. Ditempatkan di tempat yang kotor misalnya. Meskipun pada awalnya daging tersebut berkualitas tetapi akhirnya akan menjadi rusak gara-gara cara penempatannya yang salah.