Jas hujan keberadaannya sangatlah penting. Terutama ketika sudah masuk musim penghujan. Memiliki jas hujan menjadi sangatlah penting. Alat ini sama pentingnya dengan pakaian sehari-hari bila hujan turun. Untuk mereka yang berkendaraan sepeda motor maka jas hujan ini menjadi pelindung yang penting sekali. Jas hujan ini akan menjadikan tubuh terlindungi dari derasnya hujan. Tanpa memakai jas hujan maka tubuh bisa basah kuyuh.

Begitu penting kita memiliki jas hujan. Di kala kita tidak memilikinya maka kita perlu membelinya. Harga dari jas hujan pun sebetulnya tidaklah mahal. Cukup terjangkau oleh semua kalangan. Ada banyak model jas hujan yang ada di pasaran. Sampai-sampai kalau mendapati dan memilih berbagai model tersebut kita menjadi kesulitan. Tepatnya kita menjadi bingung untuk memilih jas hujan yang mana yang hendak dipilih untuk dibeli.

Akar masalahnya karena kita belum mengetahui bagaimana cara memilih jas hujan. Masih bingung tentang jas hujan yang bagus dan berhak kita pilih. Untuk itu, akan sangat bagus sekali bila kita membaca atau menyimak tips berikut ini.

  1. Memilih berdasarkan ukuran jas hujan.
    Masalah ukuran perlu menjadi perhatian penting untuk kita. Mengenai ukuran ini tidak boleh dihiraukan begitu saja. Perlu kita pastikan ukuran yang kita pilih itu pas dengan ukuran postur tubuh kita. Tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil jas hujan yang kita pilih. Maka sebelum kita membelinya maka perlu dengan teliti melihat ukuran yang tertera pada jas hujan tersebut. Biasanya ada tulisan S,M, L, dan XL. Mirip seperti ukuran kaos.
  2. Mengecek ritsleting dari jas hujan.
    Terutama mengenai bahannya. Masalah bahan ini amat penting agar benar-benar awet jas hujan kita. Khususnya pada ritsletingnya. Bahan zipper alias ritsleting juga perlu diperhatikan kalau kamu ingin memiliki jas hujan yang berumur panjang. Biasanya, jas hujan dengan ritsleting berbahan kuningan atau tembaga lebih awet dibandingkan yang berbahan plastik. Sementara yang berbahan dasar besi rentan berkarat. Memang semua jenis bahan ritsleting itu ada kelebihan maupun kekurangannya.
  3. Mengetahui harganya terlebih dahulu.
    Kala ingin memilih jas hujan maka mengenai harga perlu menjadi perhatian utama. Kita perlu tahu harga dari jas hujan yang hendak kita beli. Sesuaikan harga dari jas hujan tersebut dengan anggaran atau uang yang kita miliki. Kita perlu sesuaikan karena dari harga bisa menjadi pertimbangan penting ketika membeli. Kalau harganya mahal maka kita tidak akan kesulitan membelinya.
  4. Memilih jas hujan dengan berdasar warnanya.
    Masalah warna juga perlu menjadi perhatian. Akan lebih baik kita memilih jas hujan dengan warna terang. Hal ini diperlukan agar pengguna jalan lain dapat melihat keberadaan kamu di jalan. Warna gelap pada jas hujan mungkin akan masih terlihat jika intensitas hujan tidak besar, maka hal itu tak menjadi masalah. Namun jika intensitas hujan terbilang besar atau lebat maka warna terang akan memudahkan pengendara lain karena warna terang mudah dilihat. Warna terang pada jas hujan juga akan membuat kamu lebih aman. Jika jas hujan pilihan kamu tidak memiliki warna terang, maka usahakan cari jas hujan yang memiliki reflektor. Reflektor berfungsi untuk memantulkan kembali cahaya yang datang. Meski dalam keadaan hujan yang amat lebat sekalipun maka kita yang memakai jas hujan tersebut bisa terlihat jelas dari jarak yang amat jauh sekalipun.

Inilah beberapa hal penting dalam memilih jas hujan. Sebuah cara yang sederhana namun akan sangat bermanfaat. Inilah yang kiranya menjadi harapan penulis. Artikel di atas bisa membawa banyak manfaat bagi pembaca.