Cara Memilih Semangka Yang Matang Dan Manis

cara memilih buah semangka

Buah semangka memang banyak orang yang menyukainya. Rasanya yang manis menjadikan ciri khasnya. Segar dan dengan menikmati semangka ini maka hilanglah rasa haus kita. Untuk mendapatkan buah ini tidaklah sulit. Kita pergi ke pasar tradisional atau ke toko buah maka dengan mudah bisa menjumpainya dan kemudian membelinya. Tidaklah sulit untuk mendapatkan buah yang satu ini. Bahkan, ketika masa panen tiba maka di pinggiran jalan akan kita banyak kita temui. Biasanya dijual dengan menggunakan mobil dan ada pula yang cukup diletakkan di tanah.

Harga dari buah semangka juga cukup murah dan amat terjangkau. Semua kalangan dari ekonomi bawah hingga atas akan mampu membelinya. Maka tidaklah mengherankan bahwa buah semangka ini begitu terkenal di masyarakat. Di berbagai acara seperti pesta pernikahan menjadikan buah semangka sebagai sajian buahnya. Para pengusaha catering pun ketika ada pesanan makanan biasanya untuk buahnya dipilih semangka. Di rumah-rumah pun tidak sedikit yang memilih semangka ini sebagai buah yang dikonsumsi sehari-hari.

Semangka juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat diperlukan untuk tubuh kita. Semangka mengandung kalori, protein, serat, dan berbagai vitamin. Sehingga sangatlah tepat bila banyak orang yang suka untuk mengkonsumsinya. Sebelum membeli semangka maka ada baiknya kita mengetahui bagaimana memilih semangka yang matang dan manis rasanya. Matang dan manis rasanya menjadi harapan tiap orang yang akan membeli semangka itu. Kalau salah memilih semangka maka bisa kecewa nanti akhirnya. Baiklah, kita simak saja tips memilih semangka yang sesuai harapan yakni sudah matang dan rasanya manis.

  1. Periksalah warna kulit semangka tersebut
    Bila semangka memiliki warna yang kusam dan kulitnya hijau tua maka sangat besar kemungkinan semangka itu sudah matang dan rasanya manis. Sebaliknya, jika semangka itu kulitnya mengkilap serta warna kulitnya hijau muda maka besar kemungkinan rasanya akan kalah manis dari yang kulitnya hijau tua. Semakin tua warna hijaunya maka semakin matanglah semangka itu.
  2. Lihatlah bagian bawah semangka
    Kita mesti tahu bahwa pada bagian bawah semangka ada yang namanya field spot. Disebut field spot sebab bersentuhan langsung di tanah. Ditandai dengan terdapatnya bercak warna kuning yang bentuknya lingkaran. Ketika terdapat tanda seperti itu maka kemungkinan besar semangka telah matang dan rasanya akan manis.
  3. Pilihlah semangka yang lebih berat
    Semangka yang lebih berat dapat disebut sebagai semangka yang telah matang. Ini berdasarkan pada pengalaman di lapangan.
  4. Periksalah juga warna daging buah
    Memeriksa daging buah bisa dilakuka ketika buah semangka sudah dipotong. Untuk hal ini, biasanya kita praktekkan saat kita hendak membeli semangka yang sudah dipotong. Warna semangka yang matang ditandai dengan merahnya yang segar serta ranum.
  5. Mencabut tangkai semangka
    Ketika kita mencabut tangkai dari buah semangka dan langsung lepas tangkainya maka ini menandakan semangka benar-benar sudah matang. Bila belum matang maka akan lebih susah mencabutnya.

Itulah beberapa tips yang sangat gampang untuk memilih semangka yang matang dan manis. Siapa saja bisa mempraktekkan tips ini. Sehingga kita benar-benar puas ketika membeli buah semangka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *