Cara Memilih Tahu Yang Bagus

Cara Memilih Tahu Yang Bagus

Kita tentu sudah sangat mengenal tahu. Sebuah bahan makanan yang sering dibeli oleh para ibu rumah tangga. Hampir setiap hari tahu ini dibeli untuk dimasak di rumah. Bahan dasar dari tahu yakni kedelai. Para petani di negeri ini juga banyak yang menjadikannya tanaman utama di ladangnya. Berbagai menu masakan yang terbuat dari tahu pun sering kita jumpai. Baik itu di rumah sendiri atau di warung makan dan berbagai tempat lainnya. Di saat acara pesta pernikahan pun disajikan masakan yang berbahan dasar dari tahu. Banyak orang yang menyukai masakan tahu ini. Di samping untuk cara mendapatkannya begitu mudah. Harga dari bahan makanan berupa tahu ini amatlah murah meriah. Mereka masyarakat yang berpendapatan pas-pasan saja mampu untuk membelinya. Apalagi untuk mereka yang berasal dari kalangan menengah ke atas. Maka tak mengherankan bila seringnya tahu hadir di meja makan kita.

Dari sini jelaslah bahwa kita ini bagian dari penikmat tahu. Rasanya yang enak menjadikan banyak orang setia memilihnya menjadi makanan pokok harian. Tahu juga memiliki kaya manfaat bagi kesehatan tubuh kita ternyata. Tahu memiliki kandungan protein nabati yang cukup tinggi. Di samping juga tahu mengandung : fosfor, karbohidrat, protein, lemak, mineral, kalori, dan vitamin. Zat-zat tersebut amat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan. Tahu juga diyakini dapat menurunkan berat badan, mencegah penyakit pengeroposan tulang, mengurangi penuaan, serta meregenerasi kulit. Begitu banyak sekali manfaatnya yang penting dan dibutuhkan oleh manusia.

Ketika kita hendak membeli tahu maka selalu ingin mendapatkan tahu yang berkualitas bagus. Tahu yang segar dan kalau dimasak rasanya enak. Sebelum membelinya dari pedagang biasanya memilih-milihnya terlebih dahulu. Di sini kami akan sampaikan cara memilih tahu yang bagus sehingga ketika kita sudah membelinya tidak akan ada rasa kecewa.

  1. Melihat permukaan tahu
    Untuk tahu yang berkualitas bagus kita perlu melihat permukaannya. Tahu yang bagus permukaanya kesat dan bersih. Bila dilihat secara teliti permukaan tahu tidak licin.
  2. Lihat juga warnanya
    Khususnya untuk tahu yang berwarna putih maka kalau kita lihat maka warnanya benar-benar putih bersih. Cerah dan tidak ada warna hitam dan lainya termasuk agak kekuning-kuningan. Bisa pula dengan melihat air rendamannya. Tahu yang berkualitas bagus air rendamannya pun bening alias tidak keruh.
  3. Cek pula teksturnya
    Kita perlu mengecek tekstur dari tahu ini. Untuk tahu yang bagus maka teksturnya tidak terlalu kenyal dan keras.
  4. Periksa baunya tahu
    Tahu yang berkualitas bagus memiliki bau tidak asam. Bau tahu yang tak berkualitas sebaliknya. Baunya penuh dengan asam yang menyengat hidung kita.
  5. Lihat juga bentuknya
    Tahu yang berkualitas bagus bentuknya padat. Kemudian tahu tersebut juga lembut.

Begitu penting kita melakukan langkah-langkah seperti di atas. Tahu yang kita beli tentu akan dimasak untuk dikonsumsi. Tentu dimasak menjadi menu pilihan dan kesukaan kita. Untuk menghasilkan rasa yang enak maka perlu bahan tahu yang berkualitas tentunya. Maka memilih tahu ini perlu sekali dilakukan saat akan berbelanja. Entah itu di warung dekat rumah atau pun saat di pasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *