Cara Menambah Berat Badan Anak

Anak-anak merupakan buah hati. Berbagai hal yang menyangkut anak selalu menjadi perhatian orang tuanya. Termasuk juga dengan kondisi badannya. Ketika anak terlihat agak kurang sehat sedikit saja maka sang orang tua langsung buru-buru mencarikan obat atau bahkan membawanya ke dokter. Kesehatan dari seorang anak menjadi perhatian yang utama. Pun demikian tatkala melihat berat badan anak kurang. Anak nampak kurus bila dibandingkan dengan usia anak lainnya yang sebaya. Maka kedua orang tua pun akan mencari bagaimana caranya agar bisa bertambah berat badannya.

Memang tidaklah mesti anak yang berat badannya kurang itu ia menderita sakit. Tetapi, sebagai orang tua pastinya ingin menjadikan buah hatinya mempunyai berat badan yang gemuk. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan sebagai orang tua agar berat badan si buah hati bisa naik. Diantara cara itu, antara lain:

  1. Membuat anak makan dengan teratur
    Anak-anak biasanya sulit makan secara teratur. Umumnya anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain. Tidak salah sebetulnya karena dunia anak-anak adalah seperti itu. Sebagai orang tua maka kita perlu mengawasi anak tentang waktu makannya. Jika saat ini ia makan secara tidak teratur maka orang tua perlu mendorong anak agar makan bisa secara teratur setiap hari.
  2. Memilihkan makanan untuk anak yang mengandung kalori tinggi
    Anak-anak pada usia di bawah 5 tahun memerlukan kalori yang tinggi. Setiap hari mesti dicukupkan kebutuhan kalorinya. Ketika kebutuhan kalorinya kurang maka berat badannya bisa berkurang. Sebagai orang tua maka kita perlu menambah makanan yang mengandung kalori kepada si anak tersebut. Sehingga berat badannya bisa naik.
  3. Memberi tambahan asupan lemak
    Lemak menjadi satu jenis nutrisi yang cukup cepat dalam meningkatkan kalori. Dengan menambah asupan lemak kepada si anak maka akan bisa menaikkan berat badannya. Ada banyak makanan yang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Misalnya saja keju. Biasanya anak-anak suka makan keju.
  4. Memberi minuman jus buah
    Buah juga berperan penting dalam meningkatkan berat badan seorang anak. Agar anak suka dengan buah maka akan semakin baik bila kita buat sendiri jus buah. Pilihlah buah yang masih segar. Dengan anak suka minum jus buah maka akan mudah meningkatkan berat badannya. Berbagai jenis buah bisa kita buat jus. Dari mangga, apel, jeruk, dan lain sebagainya.
  5. Minum susu
    Ini pun menjadi cara yang bisa kita praktekkan. Susu baik itu susu sapi dan kambing memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan tinggi. Maka menjadi sesuatu yang penting untuk kita memberikan minuman susu kepada si buah hati jika ingin menaikan berat badannya.
  6. Menaikkan porsi makan harian
    Di samping berbagai cara di atas, satu cara yang tidak boleh ditinggalkan adalah dengan menambah porsi makan anak. Kita perlu menambah porsi makan dari si anak tersebut. Setiap hari makannya ditambah. Dengan menambah porsi makan ini maka jumlah nutrisi yang masuk ke tubuh meningkat. Dengan begitu maka berat badan si anak bisa meningkat secara signifikan.
  7. Istirahat yang cukup
    Meskipun seorang anak lagi senang-senangnya bermain setiap hari, maka kita perlu mendorong dan mengawasi si anak agar tetap beristirahat secara cukup. Dengan istirahat yang cukup ini maka akan bisa dengan mudah sukses upaya meningkatkan berat badan ini.

Perhatian kita terhadap si buah hati perlu kita perhatikan betul. Anak-anak menjadi permata hati. Menaikan berat badannya menjadi hal yang penting pula. Kita semua tentu ingin melihat berat badan si anak normal sebagaimana teman-temannya.