Komponen HP yang sangat penting salah satunya layarnya. HP itu digunakan yang paling banyak dilihat tentu bagian layarnya. Jadi tidak salah jika kita selalu mengamati layarnya secara terus menerus. Dengan kita lebih sering melihat layar HP maka kondisi layar HP pun hendaknya selalu mendapatkan perhatian serius. Artinya begini. Bagian layar mesti selalu mendapatkan perhatian yang lebih. Ada sesuatu sedikit saja yang terdapat di layar maka langsung direspon dengan cepat. Misalnya saat kita membuka HP dan mau membuka pesan whatsapp. Kok di layar HP kita sedikit ada kotoran debu yang mengganggu. Sehingga kala membaca pesan seperti ada tanda baca titik dan koma di tengah kalimat yang tertulis. Tentu hal ini akan membuat kacau susunan kalimat untuk bisa dipahami dengan benar.

Melihat begitu pentingnya kebersihan layar HP maka kita harus selalu membersihkannya. Jika ada noda yang mengganggu maka kita perlu bergerak cepat untuk membersihkan. Jangankan ada noda yang mengganggu. Kalau pun ada debu-debu yang kecil tertempel di layar pun maka perlu segera untuk membersihkannya. Hanya saja, kita kayaknya perlu ilmu untuk bagaimana bisa membersihkan layar HP ini secara efektif dan efisien. Memang benar bahwa semua hal pasti ada ilmunya. Termasuk pula dalam hal-hal yang kecil. Untuk itu, kami mengajak para pembaca menyimak beberapa hal berikut ini yang berkaitan dalam membersihkan layar HP kita.

  1. Pastikan HP dalam keadaan mati terlebih dahulu.
    Panduang pertama dalam membersihkan layar HP adalah dengan mematikan terlebih dahulu HPnya. Setelah kondisi HP mati maka baru bisa kita mulai membersihkan layar HP. Jika kita tetap nekad membersihkan layar HP dengan kondisi HP hidup maka ini akan sangat berisiko. HP yang masih dalam keadaan menyala tatkala dibersihkan bisa berakibat kerusakan.
  2. Membersihkan layar HP memakai kain yang amat lembut.
    Kain ini bisa kita pilih jenis microfiber. Kain yang teksturnya persis dengan kain untuk mengelap kaca mata kita. Jadi, kita sediakan dulu kain jenis ini ketika hendak membersihkan layar HP yang kotor. Gesekkan kain tersebut secara perlahan-lahan. Jangan terlalu keras karena bisa berakibat fatal yakni layar HP ada bekas goresan. Jika ada bekas goresan maka itu akan merugikan kita akhirnya.
  3. Memakai cairan khusus untuk membersihkan HP.
    Sangat penting kita membeli cairan khusus untuk membersihkan HP. Dengan cairan khusus ini maka akan lebih aman nantinya. Hasilnya pun juga lebih memuaskan. Membersihkan layar HP menjadi lebih mudah dengan menggunakan cairan khusus ini. Untuk mempraktekkannya kita tetap perlu menggunakan kain yang lembut juga. Jadi tidak hanya dengan cairan saja dalam membersihkan layar HP itu. Cara sederhananya begini. Tuangkan cairan khusus tersebut ke dalam kain yang kita pilih. Kemudian barulah kain tersebut kita pakai untuk membersihkan layar HP.
  4. Membersihkan layar HP menggunakan cotton bud.
    Masyarakat pada umumnya mengenal cotton bud sebagai alat untuk membersihkan bagian luar telinga yang ada kotorannya. Benda kecil ini ternyata juga efektif untuk membersihkan layar HP. Terutama pada bagian pinggir layar yang memang ada sela-sela kecil. Ketika kita pakai cotton bud ini maka hasilnya membersihkan akan lebih efektif.
  5. Membersihkan layar HP dengan gerakkan melingkar.
    Ini terlihat sebagai hal yang sederhana. Akan tetapi sangat penting. Kita perlu membuat gerakan khusus pada jari kita untuk membersihkan layar HP. Kita mungkin sering melihat orang yang membersihkan layar HP dengan gerakan naik turun, kiri kanan, zig zag, dan tidak beraturan. Yang paling tepat gerakannya adalah dengan melingkar. Dengan gerakan ini maka kotoran bisa terpusat titiknya. Selanjutnya dengan begitu kita akan lebih mudah dalam membersihkannya.

Itulah cara praktis dalam membersihkan layar HP. Kita tinggal mempraktekkannya saja. Semoga cara ini bisa menjadi referensi yang berharga.