Mengajak anak-anak untuk memasak memang menjadi hal yang mesti perlu diperhatikan. Artinya untuk mengajak mereka ini amatlah penting. Kerap kali anak-anak itu hanya makan atau menikmati masakan saja. Tanpa mengetahui bagaimana proses atau membuat dari sebuah makanan yang mereka nikmati. Ada kalanya bahkan sempat mereka susah untuk makan karena tidak suka mengenai sebuah menu masakan. Terkadang ada yang sampai sedikit mencela sebuah masakan. Tentu hal seperti ini tidaklah baik. Kurang sopan bila sampai mencela sebuah makanan.

Untuk itu, dengan mengajak anak-anak untuk melihat dan bahkan terlibat langsung dalam memasak maka mereka akan dibawa untuk lebih menyadari serta menghormati sebuah masakan. Masakan yang ada di meja makan itu ternyata membutuhkan proses dan pembuatan yang tidak sederhana. Membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Terkadang malah memerlukan kelelahan yang sangat guna menghasilkan sebuah masakan yang terhidang di meja makan itu. Pengorbanan dalam memasak mesti harus dihargai dengan baik. Tetapi itu tidaklah masalah dengan kelelahan yang dilakukan untuk memasak. Yang terpenting bisa menyajikan yang terbaik untuk keluarga.

Ada beberapa ide untuk masakan yang bisa kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Penting sekali memilih resep masakan yang pas untuk hal ini. Baiklah, langsung kita simak beberapa resep masakan berikut.

  1. Memasak omelet.
    Anak-anak sangat akrab dengan msakan omelet. Bahan dasarnya dari telur. Cara membuatnya tidaklah sulit apalagi rumit. Kita cukup olah telur dengan topping atau isian sesuai permintaan si kecil. Misalnya dengan kita menambahkan keju parut, sosis, daging, kornet, dan banyak lagi. Ajak anak membeli telur, membawa telur ke dapur, lalu memecahkan telur, mengocoknya, memasukkan topping, dan juga menggorengnya di atas kompor. Kita awasi seluruh kegiatan memasak ini dengan baik. Kegiatan mengajak anak cara membuat omelet sejak kecil tidaklah berbahaya. Bahkan ini menjadikan mereka gembira ria.
  2. Membuat pisang goreng.
    Makanan pisang goreng tidaklah asing lagi. Kita amat mudah untuk menemukan atau menjumpai pisang goreng ini. Alangkah baiknya kita ajak si kecil untuk ikut membuat pisang goreng. Kita hanya memerlukan bahan pisang goreng, gula pasir, air bersih, tepung terigu, dan sedikit garam. Siapkan pisang yang hampir matang. Akan lebih baik bila memilih pisang kepok. Lalu buat adonan tepung terigu, gula pasir, dan tambahkan sedikit garam. Berilah air dan buat adonan. Potong pisang goreng dalam ukuran kecil. Lalu ajak anak kita memasukan potongan pisang tersebut ke adonan. Setelah itu, tinggal goreng seperti biasa.
  3. Membuat pancake
    Memberikan snack yang menarik dan bernutrisi seperti pancake akan membuat anak-anak senang. Namun, kita perlu untuk mengajak mereka terlibat dalam proses pembuatan masakan untuk anak ini. Dari awal sampai akhir kita libatkan mereka. Ada banyak adonan premix pancake di pasaran atau bisa dibuat sendiri dari campuran susu, tepung, telur, dan bahan lainnya. Satu hal yang istimewa, pancake ini bisa dihias sesuka hati. Berikanlah kesempatan luas kepada si kecil untuk memilih topping apa yang mereka inginkan.
  4. Sayur bayam.
    Makan sayuran sangatlah bagus untuk anak-anak. Satu diantaranya sayur bayam. Sayur yang sederhana ini kita bisa buat bersama sang anak.

Ide-ide masakan seperti di atas amat sederhana. Akan tetapi, anak-anak akan suka dengan diajak memasak seperti itu. Kedekatan hubungan ibu dan anak pun semakin baik dengan kegiatan semacam ini.