Inilah Cara Membuat Ponsel Menjadi Lebih Awet

Memiliki sebuah barang yang awet tentu menjadi harapan kita semua. Apa pun jenis dari barang itu. Kita ingin semuanya awet tahan lama. Tidak mudah rusak. Kalau barang itu penting kemudian rusak tentu kita akan merasa sedih. Satu barang yang kini dianggap sangat penting yakni ponsel. Tiap orang di kantong sakunya biasanya terdapat ponsel. Bahkan seseorang bisa memiliki ponsel lebih dari satu. Sesuatu yang banyak dijumpai untuk sekarang ini. Dalam satu rumah maka akan terdapat banyak ponsel bila tiap anggota keluarga memiliki satu saja.

Ponsel yang dimiliki seseorang untuk saat ini sudah sangatlah penting. Memiliki ponsel tidak hanya untuk bergaya saja. Tetapi sudah lebih dari itu. Ponsel sangat bermanfaat dalam berbagai aktivitas kehidupan terutama untuk berkomunikasi. Seorang yang hidup di dunia mesti punya hasrat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Baik itu orang yang dekat jaraknya maupun yang jauh. Untuk menjadikan komunikasi menjadi lebih lancar maka digunakanlah peralatan yang berteknologi canggih. Ponsel menjadi alat yang efektif untuk membantu proses komunikasi. Sudah pasti ponsel itu termasuk barang yang amat berharga. Sebagai barang yang berharga tentu kita akan sangat memperhatikannya. Kita akan merawat barang tersebut sehingga menjadi awet dan tidak mudah rusak. Ada beberapa cara untuk menjadikan ponsel kita lebih awet. Berikut ini cara yang bisa kita praktekkan agar ponsel semakin awet saja.

  1. Menyalakan bluetooth dan wifi seperlunya saja
    Fasilitas bluetooth dan wifi di ponsel sangatlah penting. Kalau sebuah ponsel tidak memiliki fasilitas seperti itu maka bisa dianggap ponsel yang sudah ketinggalan zaman. Namun, kita mesti bijak dalam menggunakan fasilitas wifi dan bluetooth tersebut. Ketika fasilitas tersebut tidak sedang dipakai maka sebaiknya dimatikan saja. Kita sebaiknya menggunakan fasilitas bluetooth dan wifi seperlunya saja. Sebagai gambaran saja. Jika kita tidak pernah mematikan fasilitas bluetooth dan wifi ini di kala sedang bepergian maka ponsel tidak akan berhenti bekerja. Dengan bekerja lebih besar porsinya maka baterai kita menjadi jauh lebih boros. Kondisi ini tentu saja akan cuku andil dalam mengurangi umur baterai.
  2. Rajin membersihkan ponsel
    Ponsel sebagai sebuah barang yang amat berharga maka perlu kita selalu rajin untuk membersihkannya. Terutama banyaknya debu yang menempel di ponsel. Dari sekian kotoran yang ada di ponsel maka debu yang prosentasenya paling banyak. Maka kita perlu untuk selalu membersihkannya. Sebaiknya kita menggunakan lap untuk kacamata ketika hendak membersihkan ponsel. Hindari pula membersihkan ponsel dengan tisu karena tisu itu jika dipakai untuk membersihkan ponsel maka ada serat-serat yang bisa tertinggal dan menempel di ponsel. Malah membuat kotoran yang baru akhirnya.
  3. Menghindari penggunaan ponsel di tempat yang panas
    Ponsel yang dipakai pada suhu lingkungan yang panas membuatnya tidak awet. Kinerja ponsel akan terganggu bila berada pada suhu lingkungan yang panas.
  4. Mematikan ponsel bila tidak dipakai lama
    Sebagaimana mesin pada umumnya, ponsel juga perlu beristirahat. Kita sendiri sebagai manusia saja juga perlu beristirahat dalam jangka waktu tertentu. Misalnya di malam hari. Agar ponsel kinerjanya bagus dan tetap awet sebaiknya dimatikan bila tidak dipakai dalam rentang waktu lumayan lama. Sebagai contoh bila malam hari kita sedang tidur. Pada waktu tersebut kita bisa mematikan ponsel kesayangan.
  5. Mencharge baterai dalam jangka waktu normal
    Dalam mengisi daya baterai maka sebaiknya kita menggunakan ukuran. Pastikan mengisi daya baterai tidak dalam waktu yang terlalu lama. Bila sudah penuh maka segeralah mencopotnya. Kalau ada yang mencharge baterai hingga semalam suntuk maka ini termasuk langkah yang kurang tepat. Baterai ponsel bisa mudah rusak jika dicharge dalam waktu semalaman.
  6. Memakai charger yang sesuai aslinya
    Ketika kita ingin mengisi daya baterai maka sebaiknya menggunakan charger yang asli atau bawaan dari pabriknya. Hal ini untuk menjaga baterai ponsel supaya lebih awet.

Cara yang sederhana ini akan sangat bermanfaat bila dipraktekkan dalam kehidupan sehrari-hari. Para pembaca bisa membagikannya kepada orang lain agar semakin tersebarlah manfaatnya.