Inilah Cara Merawat Flashdisk Agar Awet Dan Aman

Ini Cara Merawat Flashdisk Agar Awet Dan Aman

Memiliki flashdisk yang awet memang menjadi harapan semua orang. Terkhusus kepada mereka yang sering menggunakan flashdisk tersebut. Sampai saat ini flashdisk masih menjadi barang yang dianggap penting oleh banyak orang. Tak heran bila kita sering menyaksikan orang menentengnya. Flashdisk dan komputer menjadi dua barang yang saling melengkapi. Keduanya sama pentingnya. Fungsi utama dari flashdisk memang untuk menjadi media penyimpanan file. Baik itu berupa file tulisan, gambar, dan video bisa disimpan di situ. Flashdisk termasuk barang yang praktis. Bisa dibawa kemana-mana. Beratnya yang ringan menjadikan flashdisk tersebut memang sering dibawa kemana-mana oleh sang pemiliknya.

Dikarenakan flashdisk ini tergolong barang yang penting maka perlu dijaga dan dirawat agar tetap awet. Kita semua menginginkan flashdisk tersebut tidak mudah rusak. Di dalam flashdisk biasanya tersimpan aneka jenis file yang amat penting. Sayang kalau sampai terjadi kerusakan. Kita sebagai pengguna flashdisk mestinya mengetahui bagaimana cara merawatnya. Berikut ini kami tuliskan tips bagaimana merawat flashdisk supaya tetap awet dan aman dari virus yang merusak.

  1. Selalu disiplin dalam menaruh flashdisk
    Barang yang penting mesti harus dijaga. Tempat untuk meletakkannya pun tidak asal-asalan. Harus jelas-jelas aman dari berbagai hal yang mengganggu. Misalnya saja aman dari panas, air dan juga aman dari pencurian. Barang yang bentuknya mungil ini kalau hilang maka mencarinya akan susah. Kedisiplinan kita akan memberikan kenyamanan kita dalam mencari flashdisk di kala kita hendak mengambilnya.
  2. Rutin melakukan scan
    Ini dilakukan untuk menjaga agar flashdisk tidak terkena virus. Bila sampai flashdisk kita terkena virus maka bisa fatal akibatnya. Data-data penting di dalamnya akan susah untuk dibuka. Ditambah lagi nanti komputer atau laptop yang kita masuki flashdisk bisa terkena virus pula. Melakukan scan terhadap flashdisk bukan hal yang sulit dilakukan hanya kita mau atau tidak.
  3. Memberi tali yang berwarna mencolok
    Cara ini terbilang amat efektif dilakukan. Di kala suatu saat flashdisk kita jatuh di ruangan atau di mana saja maka kita akan lebih mudah mencarinya. Warna yang mencolok pada tali di flashdisk itu akan membantu kita menemukannya. Tali tersebut juga bisa berfungsi agar kita bisa semakin aman dalam membawa flashdisk. Memang kita tidak pernah berkeinginan agar flashdisk tersebut jatuh di ruangan atau di jalan malahan. Namun, antisipasi perlu untuk dilakukan selalu.
  4. Lindungi dari air
    Flashdisk termasuk barang yang akan berisiko rusak bila terkena air. Maka kita perlu untuk melindunginya dari percikan atau tetesan air. Pastikan bila kita pergi ke luar rumah flashdisk ditaruh di tempat yang aman dari air. Terkhusus bila sedang musim hujan. Lebih berhati-hati lagi seharusnya kita membawanya.
  5. Tidak disarankan memformat flashdisk
    Melakukan format terhadap flashdisk hanya pada kondisi tertentu saja yang memang membutuhkan. Janganlah terlalu sering untuk melakukan format ini. Bila terlalu sering melakukannya maka bisa berakibat flashdisk menjadi cepat rusak.
  6. Melakukan safely remove saat mencabut flashdisk di komputer
    Ini pun juga bukan hal yang sulit dikerjakan. Cukup dengan mengeklik sebuah menu safely remove ketika hendak mencabut flashdisk dari komputer atau laptop.
  7. Hindarkan dari suhu terlalu panas maupun dingin
    Baik itu suhu terlalu panas maupun dingin tetap tidak baik. Meletakkan flashdisk di lokasi yang panas membuat barang tersebut akan cepat rusak. Demikian pula bila meletakkan flashdisk di tempat yang terlalu dingin semacam lemari es. Ini pun akan berakibat kerusakan padanya.
  8. Hilangkan kebiasaan untuk menjalankan file di flashdisk
    Ketika kita hendak mengedit dan menghapus file maka sebaiknya jangan langsung di flashdisk. Copy saja dulu ke komputer lalu mengeditnya. Setelah selesai barulah bisa mencopinya ke flashdisk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *