Inilah Tips Mencuci Mobil Yang Baik

Mobil menjadi kendaraan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Alat transportasi yang satu ini banyak digunakan oleh masyarakat luas. Di jalan raya sangat banyak kita menemui mobil yang melaju. Semua orang membutuhkan mobil sebagai sebuah alat transportasi yang memadai. Mobil juga dianggap sebagai peralatan transportasi yang nyaman dan aman. Di samping itu, mobil juga menjadi alat transportasi yang menyenangkan bagi keluarga. Tidak salah bila tiap rumah kini banyak yang memiliki mobil pribadi. Berbagai keperluan bepergian seluruh anggota keluarga bisa dilakukan dengan naik mobil.

Ketika kita memiliki mobil maka kita perlu untuk merawatnya dengan baik. Setiap kali ada kerusakan langsung dibawa ke bengkel mobil terdekat. Oli mesin pun diganti secara rutin. Tidak pernah ingin sampai terlambat ganti oli. Bahkan ketika mobil ada yang kotor sedikit pun terus langsung dicuci sampai bersih. Mencuci mobil pun dilakukan secara rutin. Tidak mesti menunggu kotor dulu untuk mencuci mobil ini. Masalah mencuci mobil ini menjadi pekerjaan yang rutin dilakukan setiap orang yang punya mobil. Dalam mencuci mobil, kita tidak ingin ada sebuah bekas goresan sedikit pun. Ini bagian dari merawat mobil kesayangan kita. Maka dari itu, kita perlu mengetahui bagaimana cara mencuci mobil yang baik dan benar. Teman-teman bisa menyimak caranya berikut ini.

  1. Kita semprotkan dulu air ke seluruh permukaan mobil
    Hal ini dikerjakan dengan tekanan air yang cukup. Pastikan menyemprotnya agak lama. Kurang lebih sekitar 1 menit. Jangan lupa jendela dan pintu mobil tertutup rapat terlebih dahulu. Menyemprotkan air di seluruh permukaan mobil bermanfaat agar membersihkan zat-zat kimia yang menempel. Bahan kimia yang tertempel di permukaan mobil dikhawatirkan bisa merusak kualitas cat mobil. Bila di permukaan mobil terdapat kotoran yang agak besar dan sedikit membandel maka kita perlu waktu lebih lama menyemprotkan airnya. Misalnya terdapat pasir atau debu.
  2. Memakai sabun khusus untuk mobil
    Dalam mencuci mobil kesayangan, kita perlu menyediakan sabun khusus. Tidak asal sabun yang boleh kita gunakan untuk mencuci mobil. Kita bisa membeli sabun khusus. Harganya pun tidaklah mahal. Terjangkau bagi mereka yang memiliki mobil.
  3. Sediakan dua ember untuk mencuci mobil
    Satu ember diisi dengan sabun dan satu ember lainnya diisi dengan lap atau spon. Keduanya digunakan secara bergantian dalam mencuci mobil sampai bersih.
  4. Bilaslah setelah selesai mencuci seluruhnya
    Membilas ini sangatlah penting. Kita bisa langsung membilas bilamana kita telah mencuci mobil secara keseluruhan. Cara membilasnya dengan menggunakan air yang bersih dan bening. Pastikan sabun sudah tidak ada lagi di permukaan mobil.
  5. Lap sampai bersih untuk mengeringkannya
    Langkah ini yang paling akhir kita lakukan. Pastikan kita menggunakan lap yang menyerap air dengan baik. Cara ini kita gunakan untuk mengeringkan permukaan mobil. Kita pun perlu mengeringkan seluruh permukaan mobil. Termasuk bila ada sela-sela yang masih terdapat air yang menempel pun hendaknya dilap sampai kering.

Demikian cara sangat sederhana mencuci mobil dengan baik dan benar. Dengan menggunakan cara ini diharapkan cap mobil tidak akan rusak ketika kita habis mencucinya.