Manfaat Buah Timun Yang Perlu Kita Ketahui

Hampir tidak ada yang belum mengenal buah timun. Satu jenis buah yang sangat terkenal di masyarakat. Orang yang mengkonsumsinya pun tiap hari ada. Para penjual timun pun sangat laris manis. Berarti pembeli dari buah timun ini amat banyak. Artinya para penggemar dari buah timun ini jumlahnya juga banyak. Para pembaca pun mungkin menjadi salah satu orang yang suka makan timun. Bentuk fisiknya yang sedang bisa dipegang dengan satu tangan. Dimakan langsung pun tetap enak dan segar rasanya.

Mungkin ada yang belum mengetahui apa saja manfaat dari buah timun ini. Buah yang murah meriah ini ternyata memiliki aneka manfaat yang luar biasa. Sudah segar rasanya lagi. Patut bersyukur bagi mereka yang sering makan buah timun. Namun, untuk lebih jelasnya mengenai manfaat dari buah timun ini. Alangkah baiknya teman-teman menyimaknya berikut ini.

  1. Mencegah penyakit darah tinggi
    Penyakit darah tinggi atau hipertensi akhir-akhir ini banyak sekali penderitanya. Bahkan penyakit yang satu ini menjadi deretan jenis penyakit yang mematikan. Di dalam buah timun ternyata mengandung zat potassium dan kalium yang cukup tinggi. Zat tersebut akan mampu mengurangi kadar natrium di dalam tubuh. Konon, zat natrium ini jika berlebih akan berakibat munculnya penyakit hipertensi atau darah tinggi.
  2. Membantu menyehatkan ginjal
    Ginjal merupakan organ tubuh yang penting sekali. Maka sudah seharusnya kita menjaga dengan baik kesehatan organ ginjal ini. Mengkonsumsi buah timun akan membuat ginjal lebih sehat. Di dalam buah mentimun terdapat beberapa zat seperti silikon, flourin, dan kalium yang mampu merangsang organ ginal membuang sisa metabolisme tubuh kita.
  3. Membantu memperlancar pencernaan
    Tubuh memiliki sistem pencernaan yang sangat canggih. Dari makanan yang kita kunyah di mulut lalu masuk ke perut sampai diubah menjadi energi menjadi bukti bahwa luar biasa canggihnya sistem pencernaan. Namun demikian, ada saja gangguan sistem pencernaan yang kadang muncul. Dengan kita rajin mengkonsumsi buah timun maka kita dapat membantu sistem pencernaan menjadi lebih optimal. Racun-racun di dalam usus dapat hilang oleh buah timun yang kita konsumsi. Masalah sembelit pun bisa diatasi dengan makan buah timun yang cukup.
  4. Membantu menurunkan berat badan
    Orang yang memiliki berat badan berlebih atau gemuk biasanya ingin menurunkannya. Berbagai cara ia lakukan agar berat badannya bisa turun ke berat ideal. Satu cara yang ikut membantu dalam masalah ini ialah dengan rajin makan buah timun. Serat yang tinggi serta kandungan kalori yang rendah bermanfaat dalam membantu penurunan berat badan.
  5. Menyegarkan bau mulut
    Bau mulut yang tidak segar ternyata sangat mengganggu. Terutama untuk kita yang sering berkomunikasi langsung dengan orang lain. Bau mulut yang tak segar akan mengurangi kepercayaan diri. Untuk mengatasi hal itu kita perlu membuat bau mulut menjadi segar. Cara sederhana yang bisa kita lakukan yakni dengan mengkonsumsi buah timun. Di dalam buah timun terdapat zat yang membunuh bakteri penyebab bau mulut.
  6. Mencegah penyakit kanker
    Penyakit kanker juga menjadi jenis penyakit yang amat berbahaya. Kanker juga termasuk golongan penyakit yang mematikan di dunia ini. Kandungan anti oksidan di dalam buah timun akan mencegah munculnya sel-sel kanker dan menangkal radikal bebas. Makan buah timun maka itu akan bagus sekali.
  7. Menjadikan tulang menjadi sehat
    Di dalam buah timun ada kandung vitamin K. Manfaat vitamin K ini untuk menjaga kesehatan tulang kita. Resiko pengeroposan tulang pun dapat dicegah dengan kita mengkonsumsi buah timun ini.