Labu siam merupakan bagian dari sayuran. Mengenal aneka macam sayuran menjadi amat penting untuk saat ini. Dengan memilih sayuran dalam kehidupan sehari-hari maka kita akan semakin sehat. Labu siam bisa diolah menjadi berbagai menu masakan yang enak dan lezat. Labu siam ini berasal dari daerah Amerika Tengah. Jauh memang dari nusantara. Tetapi, kini sudah banyak orang yang menanamnya di sini.

Untuk mendapatkan labu siam pun kini tidaklah sulit. Hal itu dikarenakan sudah banyak orang yang menanamnya. Akhirnya, orang yang menjual komoditas sayuran labu siam ini pun juga banyak. Harga dari labu siam pun amat terjangkau. Murah dan seluruh lapisan masyarakat mampu untuk membelinya. Kandungan di dalam labu siam ini juga luar biasa. Di dalamnya terkandung aneka macam vitamin dan mineral penting bagi tubuh.

Labu siam menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan. Meskipun sering mengkonsumsinya mungkin tidak banyak orang yang mengetahi mengenai manfaatnya. Maka dari itu, kita saat ini perlu mengetahui manfaat dari labu siam ini. Baiklah, mari kita simak beberapa manfaat dari labu siam berikut ini.

  1. Membantu menjaga gula darah.
    Labu siam mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan serat yang cukup tinggi ini akan memperlambat proses penyerapan karbohidrat. Akibatnya, saat kita sesudah makan maka gula darah tidak bisa langsung naik tajam. Bahkan labu siam bila dikonsumsi akan membantu menurunkan gula darah. Untuk mereka yang menderita penyakit diabetes maka hal memilih labu siam untuk dikonsumsi amatlah tepat.
  2. Membantu meningkatkan kesehatan organ jantung.
    Organ yang satu ini amatlah penting. Meski dijaga agar selalu sehat jantung kita. Ketika kita sering mengkonsumsi sayur labu siam maka akan memberikan dampak yang amat bagus. Resiko terkena penyakit jantung akan menjadi lebih rendah. Sangat tepatlah bila kita menyukai labu siam ini.
  3. Dapat menurunkan kolestrol.
    Terlalu banyak kolestrol di dalam tubuh tidaklah baik. Kita mesti menjaga agar tubuh kita tidak kelebihan kolestrol. Terutama kolestrol jahat. Upaya yang bisa kita lakukan salah satunya dengan kita makan labu siam.
  4. Mencegah terjadinya sembelit.
    Satu hal yang sering menjadi masalah kesehatan bagi banyak orang ialah sembelit. Sangat tidak nyaman ketika seseorang terkena sembelit ini. Gangguan pencernaan berupa sembelit ini mesti diatasi. Ketika kita makan labu siam maka kita akan terkurangi resiko atau bahkan bisa terhindar dari sembelit. Saat sembelit hilang maka hidup pun akan semakin nyaman.
  5. Mengurangi resiko terkena penyakit darah tinggi.
    Makan labu siam dapat menjadikan kita terhindar dari penyakit darah tinggi. Kini memang begitu banyak orang yang memiliki masalah pada tekanan darah. Dalam arti tekanan darahnya begitu tinggi. Kandungan anti oksidan yang ada di labu siam amat berperan dalam menurunkan tekanan darah.
  6. Dapat menurunkan berat badan.
    Bagi siapa saja yang ingin mendapatkan berat badan yang ideal maka perlu untuk mengkonsumsi labu siam. Keadaan berat badan yang ideal sangatlah diinginkan oleh banyak orang. Terutama bagi mereka yang kelebihan berat badan.
  7. Dapat mencegah penyakit kanker.
    Sayur labu siam bila dikonsumsi akan dapat memperlambat perkembangan sel kanker. Dalam labu siam terkandung antioksidan flavonoid. Zat tersebut mampu menangkal berbagai radikal bebas.

Itulah beragam manfaat dari labu siam. Kiranya dengan mengetahui manfaatnya maka kita semakin bertambah wawasan dalam kehidupan ini.