Merapikan Kamar Tidur

Manfaat Merapikan Kamar Tidur

Setiap manusia memerlukan istirahat dalam kesehariannya. Istirahat yang bentuknya paling sederhana ialah tidur. Maka tidur selalu dilakukan oleh setiap orang. Khususnya tidur di malam hari. Memang sudah seharusnya waktu malam hari itu digunakan untuk tidur. Sedangkan untuk aktivitas bekerja dan lainnya lebih baik dikerjakan di siang harinya. Ini menjadi bentuk normalnya siklus kehidupan seseorang. Dengan cukup waktu tidurnya maka kesehatan tubuhnya dapat lebih terjaga.

Begitu pentingnya aktivitas tidur ini. Sampai pada setiap rumah pun mesti ada yang namanya kamar tidur. Kegiatan tidur menghabiskan waktu kurang lebih 5 sampai 8 jam dalam sehari semalam. Maka keberadaan kamar tidur pun amatlah penting. Sudah selayaknya bila kamar tidur dibuat senyaman dan sebagus mungkin. Agar tidur pun bisa dilalui dengan nyenyak sampai pagi.

Perhatian terhadap kamar tidur pun akhirnya menjadi hal teramat penting. Kondisi kamar tidur mesti harus selalu tertata dengan baik. Selain juga kondisi kamar pun juga mesti bersih selalu. Bila ada kotoran meski dibersihkan. Terkait dengan kerapian pada kamar tidur ini, ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh bila kita merapikan kamar tidur. Diantara beberapa manfaat itu, ialah:

  1. Bila mencari barang-barang semakin mudah.
    Di dalam kamar tidur, sudah biasa bila di dalamnya terdapat berbagai barang yang penting. Penempatan barang-barang di kamar tidur amatlah tepat. Di kala kita memerlukan sebuah barang tersebut maka tinggal kita mengambilnya. Ketika kita selalu merapikan kamar tidur maka barang-barang yang ada di dalamnya pun ikut rapi pula. Akhirnya, bila suatu ketika hendak mencari sebuah barang maka akan cepat sekali. Mengapa demikian? Sebab barang tersebut sudah ditaruh dengan rapi pada tempatnya.
  2. Menjadikan waktu kita lebih efisien.
    Masih terkait dengan keberadaan barang di kamar tidur. Suatu waktu bila kita mencari sebuah barang maka kita akan menghabiskan beberapa menit atau bahkan jam. Akan tetapi, bila barang yang kita cari itu sudah jelas tempatnya dan rapi pula maka untuk mencarinya tidak perlu waktu yang cukup lama. Mungkin tidak sampai lima menit barang tersebut sudah kita dapatkan. Tentu saja hal ini akan menjadikan waktu kita lebih efisien. Kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu hanya sekedar mencari sebuah barang di kamar tidur. Padahal, waktu kita mesti dibagi untuk banyak hal.
  3. Enak dilihat mata.
    Kondisi tempat tidur dan juga segala barang di kamar tersebut menjadi pemandangan mata kita tiap hari. Bayangkan apa jadinya bila kondisi kamar tersebut berantakan dan jauh dari yang namanya rapi. Kita akan sungkan untuk melihatnya bukan? Maka kita mesti selalu merapikan kamar tidur. Saat kondisinya sudah rapi maka kita akan merasa enak melihatnya.
  4. Menjadikan tidur di malam hari semakin nyenyak.
    Kondisi rapi di kamar tidur memang akan berpengaruh juga pada tidur kita. Bila kamar tidur kita rapikan tiap hari maka saat akan tidur lagi pun akan semakin menyenangkan. Kualitas tidur paun akan semakin nyenyak. Tidur yang nyenyak membuat kualitas kesehatan kita bagus. Di samping itu, dapat tidur dengan nyenyak itu juga termasuk nikmat yang perlu disyukuri adanya.
  5. Menjadikan tubuh semakin aktif bergerak.
    Kegiatan ringan merapikan tempat tidur juga akan bermanfaat pada tubuh kita. Tubuh menjadi aktif bergerak. Maka boleh dikatakan ini menjadi olah raga tersendiri. Aktifnya tubuh untuk bergerak ini akan meningkatkan kebugaran kita.

Itulah beberapa manfaat kita merapikan kamar tidur. Sudah semestinya kegiatan sederhana ini kita lakukan selalu.

Related Posts