Tanaman ini banyak kita temukan di wilayan nusantara. Bengkoang atau kadang disebut bengkuang memang sudah begitu dikenal luas oleh masyarakat. Bengkoang sendiri memiliki nama latin Pachyrhizus spp. Untuk memperoleh bengkoang ini tidaklah sulit. Di pasar tradisional bisa kita temukan dengan mudahnya. Atau bisa pula di toko-toko buah-buahan. Berkenaan dengan harga dari bengkoang juga tidaklah mahal. Murah meriah. Semua bisa membelinya.

Bengkoang konon asalnya dari benua amerika. Tetapi, di banyak negara Asia kini sudah tersebar luas. Termasuk di Indonesia. Pada umumnya, kalau kita mendengar nama bengkoang ini maka ingatan kita akan tertuju saat kita makan lotis dan rujak. Betul sekali. Memang bengkoan ini paling sering dijadikan bahan untuk membuat lotis dan rujak. Rasanya mantap dan banyak orang yang menyukainya.

Manfaat bengkoang

Bengkoang memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Diantara kandungan nutrisinya antara lain: protein, vitamin, kalsium, kalium, zinc, fosfor, dan karbohidrat. Bengkoang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat dari bengkoang ini adalah

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.
    Menjadi hal yang amat penting untuk sekarang ini kita berpikir terhadap masalah kekebalan tubuh. Di masa pandemi covid-19, perlu sekali kita memperkuat kekebalan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi bengkoang ini tingkat kekebalan tubuh kita akan meningkat. Setiap tubuh yang punya kekebalan yang kuat maka tidak akan gampang terkena penyakit apa pun. Di dalam bengkoang terkandung vitamin C. Inilah sebabnya bengkoang sangat penting dalam peningkatan kekebalan tubuh.
  2. Sangat bagus bagi pencernaan.
    Sistem pencernaan sangat penting untuk dijaga dengan baik. Dari lancarnya proses pencernaan ini maka tubuh akan semakin sehat. Di dalam bengkoang terkandung yang namanya serat yang tinggi. Dari kandungan serat inilah yang melancarkan proses buang air besar. Selain itu di dalam bengkoang juga mengandung inulin dan air. Zat tersebut juga ikut serta dalam melancarkan pencernaan di dalam tubuh kita.
  3. Mencegah terkena dehidrasi.
    Dehidrasi adalah kekurangan cairan di dalam tubuh. Orang yang suka makan bengkoang maka akan terbebas dari yang namanya dehidrasi. Di dalam bengkoang sendiri kandungan airnya cukup tinggi. Sekitar 85 %. Manfaat mengkonsumsi bengkoang memang luar biasa. Pas untuk kita makan tiap hari agar tubuh tidak terkena dehidrasi.
  4. Membantu mengontrol kadar gula darah.
    Makan bengkoang yang banyak memang akan membuat perut kenyang. Namun, makan bengkoang ini tidak akan meningkatkan kadar gula darah seseorang. Sehingga seseorang tidak perlu makan terlalu banyak. Maka hal ini akan sangat pas dikonsumsi oleh mereka yang menderita sakit diabetes.
  5. Membantu menjaga kesehatan kulit wajah.
    Kulit wajah menjadi bagian penting untuk dijaga kesehatannya. Tak mengherankan bila seseorang selalu memeriksa kondisi kulit wajah. Utamanya bagi para remaja dan kawula muda. Kulit wajah menjadi sesuatu yang sangat dijaga kesehatannya. Makan bengkoang ternyata akan membantu menjaga kesehatan kulit di wajah. Bahkan bengkoang biasa dibuat masker alami untuk wajah. Semakin halus kulit wajah dengan masker tersebut.
  6. Membantu menjaga kesehatan jantung.
    Organ jantung sangatlah penting untuk selalu dijaga kesehatannya. Bengkoang mampu mengurangi jumlah kolestrol. Maka makan bengkoang dapat mengatasi terjadinya kondisi tingginya kolestrol. Dengan menurunnya kandungan kolestrol maka tidak terjadi yang namanya penyumbatan pembuluh darah jantung.
  7. Membantu meningkatkan kemampuan otak.
    Di dalam bengkoang terkandung vitamin B 6. Manfaat dari vitamin ini membantu meningkatkan fungsi kerja otak dan saraf.

Demikian beberapa manfaat dari bengkoang. Kesehatan sangatlah utama bagi kehidupan seseorang. Perlu dijaga selalu sehingga tubuh bisa sehat dan lancar beraktivitas.