Terong menjadi makanan yang sudah sangat dikenal masyarakat secara luas. Terong dimasak sayur dan dijadikan sebagai lauk. Makan nasi semakin enak dengan lauk terong. Banyak kreasi masakan yang bisa dibuat dari terong ini sebetulnya. Tidak hanya satu atau dua macam saja. Tetapi berbagai macam menu. Menjadi hal yang wajar bila terong sangat laris dibeli. Para penjual sayur atau tukang sayur pun tidak pernah lupa membawa terong ini untuk dijual setiap hari. Harga dari terong pun amatlah murah.

Terong memiliki kandungan nutrisi yang sungguh luar biasa. Terong mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin E, vitamin B6, vitamin C, protein, kalsium, folat, zat besi, magnesium, fosfor, tembaga, serat makanan, asam folat, kalium, dan mangan. Dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap ini maka memilih terong sangatlah tepat untuk dijadikan menu lauk pauk harian kita. Tidak lupa juga dibuat menu yang enak sehingga semakin bersemangat untuk menikmatinya.

Teman-teman tentu bertanya-tanya. Dengan kandungan nutrisi yang cukup banyak dan lengkap di atas. Lalu, apa saja manfaatnya bagi diri kita. Terutama untuk kesehatan tubuh kita. Nah, inilah yang akan kita bahas untuk saat ini yakni manfaat dari terong. Berikut ini beberapa manfaat dari terong.

  1. Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh kita.
    Dari tulisan sebelumnya kita mengetahui bahwa terong mengandung zat vitamin C yang cukup. Vitamin C yang terkandung pada terong merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Vitamin C memang sangat bermanfaat dalam membantu menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Ketika sistem kekebalan tubuh manusia sudah bagus maka tidak akan mudah terkena serangan penyakit. Ini tentu menjadi harapan kita semuanya. Konsumsi vitamin C yang cukup akan menjadikan tubuh seseorang semakin kuat dan sehat. Selain vitamin C, terong juga mengandung mangan, antioksidan alami dan merupakan mineral yang penting.
  2. Membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung.
    Jantung merupakan organ penting di dalam tubuh manusia. Maka sangatlah penting kita memperhatikan kondisi organ jantung ini. Kita pastikan organ jantung selalu sehat. Mengkonsumsi terong ternyata punya manfaat dalam mengurangi resiko terkena sakit jantung. Jika jantung seseorang sehat maka akan mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  3. Membantu menurunkan berat badan tubuh.
    Berat badan menjadi masalah terkadang. Terutama bagi mereka yang memiliki berat badan yang berlebih. Untuk mereka yang memiliki berat badan berlebih maka akan berupaya untuk mencari cara bagaimana menurunkannya. Ia ingin agar berat badannya bisa segera turun. Tentu saja berat badan turun sampai ke tingkat yang normal. Berat badan normal atau ideal ini yang diidam-idamkan oleh banyak orang.
  4. Terong amat bagus untuk kesehatan tulang.
    Jenis terong ungu amat baik dan sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang manusia. Bagi mereka yang memiliki resiko pengeroposan tulang maka perlu mempertimbangkan untuk sering mengkonsumsi terong ini.
  5. Membantu mencegah penyakit anemia.
    Terong mengandung zat besi yang cukup tinggi. Kekurangan dari zat besi di dalam tubuh akan sangat berbahaya. Kesehatan tubuh kita akan terancam atua bisa terkena sakit yang namanya anemia. Maka dari itu, kita perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi yang cukup. Salah satu makanan tersebut ialah terong.
  6. Menjadikan sistem pencernaan manusia semakin sehat.
    Kita perlu memperhatikan kondisi pencernaan. Kita pastikan sistem pencernaan selalu sehat. Dengan begitu segala makanan yang kita konsumsi bisa terserap zat nutrisinya oleh tubuh. Dengan makan terong ternyata akan memberikan dampak yang bagus dalam menjaga kesehata sistem pencernaan kita.

Itulah beberapa manfaat terong yang luar biasa. Dengan demikian maka amatlah tepat bila kita menjadikan terong sebagai sumber makanan atau lauk harian.