Wortel merupakan satu jenis sayuran yang sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia. Di setiap harinya tidak jarang wortel menjadi bahan untuk memasak sayur. Kalau disebut masak sayur maka di dalamnya tentu terpikir ada yang namanya wortel. Jadi, mengenai wortel ini tentu sudah sangat terkenal di dalam kehidupan masyarakat nusantara. Dari anak kecil hingga orang yang sudah lanjut usia begitu mengenal wortel ini.

Sayuran yang warnanya orange ini amat khas. Dari warnanya saja orang akan ingat mengenai wortel. Kalau mendengar kata wortel maka di pikiran akan muncul sebuah sayuran yang warnanya orange. Rasa dari wortel pun amat enak. Anak-anak sangat suka dengan yang namanya wortel. Terutama kalau wortel ini cara masaknya dibuat agak kreatif sedikit. Misalnya saja wortel dipotong-potong dengan aneka bentuk yang disukai oleh si anak. Dipotong berbentuk bulat, persegi panjang, bujur sangkar, jajaran genjang, dan aneka bentuk yang lainnya.

Manfaat wortel

Selain rasanya enak dan disukai oleh banyak orang. Wortel ternyata memiliki segudang manfaat yang luar biasa. Rasanya kita perlu untuk mengenali apa saja manfaat wortel ini bagi kesehatan. Beberapa manfaat dari wortel antara lain:

  1. Membantu menjaga kesehatan organ mata kita.
    Anggapan bahwa wortel dapat membantu menjaga kesehatan mata bukan hal yang salah. Hal tersebut memang benar adanya. Sedari dulu orang sering membicarakan bahwa kalau ingin matanya sehat maka perlu untuk mengkonsumsi sayur wortel. Amat tepat apa yang banyak dikatakan oleh orang-orang ini. Wortel memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Jadi, bagus sekali kalau ada orang yang sering makan wortel. Kesehatan matanya akan lebih terjaga.
  2. Dapat memperkuat fungsi otak manusia.
    Otak merupakan organ yang amat penting bagi setiap manusia. Wortel ini memiliki kandungan beta karoten yang cukup tinggi. Zat tersebut amat bagus dalam memelihara dan memperkuat fungsi otak kita. Konon, bila seseorang rutin mengkonsumsi wortel maka akan bisa menurunkan resiko terkena kepikunan di saat masa tuanya nanti. Jadi, amat penting untuk kita memperhatikan wortel ini dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita.
    Di saat masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Masalah kekebalan tubuh menjadi sesuatu yang harus diperhatikan dengan baik. Kita mesti selalu berusaha memperkuat daya tahan tubuh. Dengan kuatnya daya tahan tubuh kita maka resiko terkena penyakit akan lebih rendah. Hal yang diinginkan oleh semua orang. Makan wortel ternyata dapat meningkatkan ketahanan tubuh kita. Ketika badan lagi terasa kurang enak maka makan wortel akan lebih bagus.
  4. Dapat menjaga berat badan.
    Wortel yang dibuat jus sangat bagus untuk dikonsumsi. Pada wortel memiliki jumlah nutrisi yang cukup tinggi namun rendah akan kalori. Hal ini bagus dikonsumsi untuk mereka yang sedang berusaha menjaga berat badannya.
  5. Dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker.
    Penyakit kanker sangatlah berbahaya. Kanker bahkan termasuk bagian dari deretan penyakit yang menyebabkan kematian di muka bumi ini. Tidaklah mengherankan bila banyak orang yang berusaha untuk menghindarkan dirinya dari kanker. Untuk itu maka kita mestinya mencari cara agar terhindar dari penyakit itu. Satu diantara cara tersebut yakni kita rajin mengkonsumsi wortel. Tingginya kandungan beta karoten pada wortel dapat menurunkan resiko terkenan kanker pada orang yang mengkonsumsinya.
  6. Kondisi kulit menjadi lebih sehat.
    Memiliki kulit yang sehat tentu amat menyenangkan. Alangkah bahagianya bila kulit kita selalu sehat. Satu diantara upaya agar kulit semakin sehat yakni tercukupinya vitamin A. Dengan makan wortel maka akan berdampak kulit menjadi lebih sehat.

Inilah beberapa manfaat wortel bagi kesehatan tubuh kita. Alangkah baiknya kita sering makan sayur wortel ini.