Peluang Usaha Jualan Ikan Laut

Peluang Usaha Jualan Ikan Laut

Salah satu hasil dari laut laut yang banyak sekali jenisnya. Di negara Indonesia yang lautnya begitu luas ini maka berbagai macam jenis ikan laut bisa kita temui. Boleh dikata bila tanya ikan apa saja maka jawabannya akan selalu ada. Begitu banyaknya jenis ikan laut ini hingga bingung saat menyebutkannya satu per satu. Ikan laut amat bagus untuk dikonsumsi oleh manusia. Nilai gizinya sangat tinggi sehingga banyak para ahli gizi yang menganjurkan untuk mengkonsumsi. Sering orang menyebutnya sea food.

Kalau kita bepergian maka sering kita melihat tulisan warung sea food. Tidak hanya hanya satu atau dua saja, namun banyak sekali jumlah warung tersebut. Dari situ tentu jumlah orang yang suka terhadap ikan laut sangatlah banyak. Terbukti dengan banyaknya warung yang menjual masakan ikan laut. Berjualan ikan laut sangat prospek kalau begitu. Bagus untuk kita coba mulai usaha sederhana ini. Barangkali ini dengan kita memulai usaha ini kita akan mendapatkan kesuksesan sesuai harapan. Kita tidak tahu akan ladang bisnis baru ini ke depannya. Namun, dari berbagai fenomena saat ini kayaknya amat bagus di masa yang akan datang. Kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi juga meningkat sekarang ini.

Kala kita memang sudah mantap betul dengan usaha yang baru ini maka kita harus mempersiapkan segalanya. Di perjalanan bisnis nanti akan begitu lancar jika persiapan di awal lebih matang. Beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan ketika kita akan memulainya, antara lain:

  1. Membuat daftar ikan laut yang akan dijual
    Hal ini sangatlah sederhana untuk dilakukan. Cukup kita sediakan buku tulis dan bolpen saja. Lantas menuliskan berbagai macam ikan laut yang akan dijual. Mengenai apa saja yang akan kita tulis maka perlu kita mencari informasi yang akurat. Dalam hal ini bisa dengan kita bertanya kepada masyarakat di sekitar kita. Apa saja jenis ikan yang mereka biasa beli di pasar? Dari jawaban itulah maka kita bisa membuat daftar simpulan sementara. Tentu saja yang ditanyai tidak hanya satu atau dua orang saja. Lebih banyak akan lebih baik. Cara yang lainnya mencari informasi adalah dengan kita sering menyambangi para penjual ikan laut. Dari sana kita bisa melihat berbagai jenis ikan yang dijual. Kita bisa mencatat ikan-ikan yang dijual itu. Mengapa demikian? Dengan dijualnya beberapa jenis ikan laut tersebut kita bisa membuat kesimpulan bahwa ikan-ikan laut tersebutlah yang laku dipasaran. Logikanya para penjual tentu hanya menjual barang yang laku atau dicari oleh konsumen.
  2. Mencari pemasok ikan laut
    Untuk kita bisa menjual tentu harus punya pemasok yang baik. Dalam hal ini kita mesti mencari orang atau pihak yang bisa memasok ikan laut untuk kita. Selanjutnya, dengan mudah kita bisa menjualnya kepada masyarakat. Tidak asal cari saja. Kita mesti mencari pemasok atau suplier yang baik dan terpercaya. Pastikan pemasok ikan laut tersebut sudah memiliki rekam jejak yang bagus sebelumnya.
  3. Tentukan harga ikan laut yang terjangkau
    Ikan laut yang kita jual harus memiliki harga yang terjangkau bahkan kalau bisa dibuat murah. Tetapi meski murah kita harus juga tetap mendapatkan keuntungan. Harga yang mahal justru akan menjauhkan pembeli dari kita. Tentu kita tidak ingin hal itu terjadi. Apalagi kita baru mulai merintis usaha ini.
  4. Melakukan promosi
    Kita bisa membuat baner sederhana untuk berpromosi. Bisa juga dengan membuat stori di status whatsapp kita. Sangat mudah cara berpromosi saat ini.
  5. Manajemen keuangan yang rapi
    Pastikan kita bisa mengatur keuangan di dalam bisnis. Arus keluar masuk uang yang bisa diatur maka akan menjadi mudah berkembang sebuah usaha.

Demikian peluang usaha jualan ikan laut yang amat menjanjikan. Sangat bagus untuk kita ikut merintisnya. Sukses sudah di depan mata kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *