Peluang Usaha Tas Sekolah

Peluang Usaha Tas Sekolah

Mencari peluang usaha di pertengahan tahun memang bukan perkara yang mudah. Namun, hal itu juga sebetulnya bukan perkara yang sulit juga. Memang, banyak orang memulai usaha atau bisnis yang baru itu di awal tahun. Bulan januari sering disebut sebagai bulan awal merintis sebuah bisnis. Seperti halnya sebuah perusahaan, di bulan desember biasanya melakukan tutup buku. Kemudian di bulan januari dimulailah awal tahun berbisnis. Tetapi, untuk mulai berbisnis sebetulnya bisa dilakukan kapan saja. Tiap bulan selama setahun bisa untuk dipakai memulai sebuah bisnis. Hanya saja, banyak orang yang memulai bisnis berkenaan dengan momen pada bulan tersebut. Sebagai contoh, ketika masuk mendekati hari raya idul fitri maka banyak yang menjalankan usaha jual baju muslim. Demikian juga pada momen yang lainnya.

Ketika memasuki pertengahan bulan maka kita bertemu dengan momen pergantian tahun ajaran sekolah. Momen kenaikan kelas dan kelulusan murid sekolah terjadi di pertengahan tahun. Selanjutnya pada bulan-bulan pertengahan tahun dimulailah tahun ajaran baru. Di waktu tersebut, biasanya anak-anak murid sekolah membutuhkan beberapa alat untuk bersekolah. Ada sepatu, buku tulis, seragam sekolah, topi, bolpen, pensil, dan tas sekolah. Satu yang menjadi fokus kita kali ini adalah kebutuhan anak-anak akan tas sekolah. Umumnya, anak-anak ingin dibelikan tas sekolah di saat tahun ajaran baru. Tas yang dipakainya selama setahun atau lebih ingin diganti dengan yang baru. Orang tua pun kadang memberikan hadiah kepada putra putrinya dengan tas sekolah yang baru.

Adanya fenomena tersebut menjadikan kita perlu untuk mengambil sebuah peluang bisnis yang baru. Peluang yang dimaksud yakni peluang usaha tas sekolah. Begitu prospeknya usaha ini sehingga kita perlu untuk membahasnya lebih mendalam. Kita bisa memilih untuk menjadi produsen tas sekolah dan atau menjualkan tas sekolah. Semuanya memiliki prospek yang sama-sama bagusnya. Meski pun tas sekolah banyak yang membeli di pertengahan tahun namun di bulan-bulan yang lainnya tidaklah berkurang begitu banyak minat orang membeli tas sekolah ini. Kami yakin para pembaca akan tertarik untuk terjun ke bidang usaha ini. Nah, agar kita lebih sukses dan mudah dalam menjalankan usaha tas sekolah ini maka ada baiknya bila kita menyimak tips memulai bisnis ini.

  1. Surveilah dulu pasarnya
    Melakukan survei di sini tidaklah identik dengan cara yang rumit dan biaya yang cukup besar. Dengan berjalan-jalan di pasar dan pertokoan lalu melihat berbagai tas sekolah yang laris dibeli maka sebetulnya kita telah melakukan survei itu. Kemudian kita juga mencari tahu berapa harganya yang cocok bagi konsumen.
  2. Membuat model tas yang kreatif
    Banyak model tas yang telah ada di pasaran. Beraneka jenis modelnya. Alangkah baiknya bila kita membuat model tas yang lebih kreatif. Sebagai pemain baru maka sebaiknya kita hadir pula dengan yang baru. Tidak asal hanya meniru saja dari model yang ada. Jika meniru maka buatlah perbedaan yang jelas dengan produk tas yang kita tiru itu.
  3. Mencari suplier bahan baku yang murah dan berkualitas
    Ketika kita memilih menjadi pengusaha produsen tas sekolah maka kita mau tak mau mesti mencari bahan bakunya. Dari bahan baku ini yang akan kita buat menjadi tas sekolah yang bagus. Bahan yang bagus akan menghasilkan tas sekolah yang bagus pula. Selain bahan baku berkualitas maka sebaiknya juga dipilih yang harganya miring. Harga yang murah tersebut agar membantu kita dapat melakukan efisiensi ongkos produksi. Dengan biaya produksi yang lebih rendah maka harga jual pun bisa ditekan dan potensi keuntungannya pun lebih besar.
  4. Selalu melakukan promosi
    Agar volume penjualan meningkat maka perlu kita melakukan promosi. Berbagai cara bisa kita lakukan untuk promosi ini. Secara sederhana kita bisa memakai media sosial dan juga memasang baner.
  5. Tentukan harga yang kompetitif
    Harga jual tas kita mesti tidaklah terlalu mahal. Intinya harga tas sekolah kita mesti terjangkau oleh sebagian besar masyarakat. Kalau tidak terjangkau harganya maka bisa tidak akan laku tas sekolah yang akan kita jual.

Dengan beberapa tips di atas maka kita bisa memulai usaha tas sekolah. Peluang usaha ini tidak boleh dilupakan begitu saja. Tas sekolah selalu digunakan sepanjang tahun. Potensi bisnis tersebut di masa yang akan datang akan tetap cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *