Penyebab Munculnya Flek Hitam Di Wajah

Setiap orang ingin selalu memiliki wajah yang menawan. Segala upaya dilakukan untuk mendapatkan hal itu. Tetapi, bagaimana kalau pada kenyataanya terdapat flek hitam di wajah kita? Tentu hal ini akan mengakibatkan hal-hal yang tidak nyaman. Untuk itu, kiranya kita perlu mengetahui apa saja penyebab munculnya flek hitam di wajah. Harapannya dengan mengetahui berbagai penyebabnya kita bisa mencegah lebih dini. Sebelum menjadi banyak jumlah flek hitamnya kita mesti harus tahu apa saja penyebabnya.

Flek hitam di wajah tidak hanya menimpa mereka yang berusia tiga puluhan tahun ke atas. Orang berusia kurang dari itu terkadang juga bisa terkena. Menjadi penting tentu masalah ini. Adanya flek hitam di wajah tentu akan mengurangi tingkat percaya diri kita. Sudah seharusnya sebagai seorang yang ingin tampil selalu percaya diri bisa menghindari berbagai penyeban flek hitam ini. Berikut ini kami sampaikan beberapa hal yang menjadi penyebab adanya flek hitam di wajah.

  1. Pemilihan bahan kosmetik
    Sebagai seorang wanita tentu tidak bisa dilepaskan dari make up dan kosmetik. Setiap wanita bahkan sangat sering menggunakannya. Bahkan dalam satu hari bisa lebih dari satu kali. Pemakaian kosmetik yang tak disesuaikan dengan jenis kulit kita bisa berakibat memunculkan flek hitam ini. Maka sebagai sebuah upaya pencegahannya, kita mesti memilih bahan kosmetik dan make up yang cocok dengan kulit kita. Berhati-hati dalam memilih kosmetik ini sangatlah penting.
  2. Terkena sinar matahari yang cukup banyak
    Sinar matahari memang sangat diperlukan dalam kehidupan manusia. Tak hanya manusia saja, bahkan seluruh makhluk di alam semesta ini memerlukannya. Kita sendiri tidak akan bisa hidup tanpa adanya sinar matahari ini. Kehidupan bisa berhenti bila matahari tidak bersinar dalam waktu tertentu. Namun demikian, bila wajah kita terlalu banyak terkena sinar matahari secara langsung maka bisa menyebabkan munculnya flek hitam. Secara ringkasnya begini, kala sinar matahari menimpa wajah kita maka kulit akan menghasilkan zat melanin yang banyak. Banyaknya zat ini bisa memunculkan flek hitam tersebut.
  3. Bekas jerawat
    Jerawat menjadi musuh utama mereka yang ingin tampil cantik dan menawan. Ketika jerwat sudah berhenti muncul pun ternyata bekasnya bisa mengakibatkan adanya flek hitam. Bekas jerawat yang berupa bintik-bintik kecil itu lama kelamaan bisa membesar membentuk flek hitam.
  4. Mengkonsumsi obat-obat tertentu
    Ada beberapa obat-obatan yang memiliki efek samping tertentu. Salah satu efek samping dari obat-obat tersebut yakni akan munculnya flek hitam pada wajah orang yang mengkonsumsinya. Untuk menghindari hal ini, kita perlu konsultasi terlebih dahulu tatkala akan minum obat tertentu. Sebaiknya juga memilih jenis obat yang aman dan tidak mengakibatkan efek samping seperti ini.
  5. Adanya penyakit kulit
    Terkadang adanya flek hitam ini karena memang adanya penyakit kulit tertentu. Mengenai penyakit kulit ini maka perlu dikonsultasikan kepada ahlinya yaitu dokter. Hal ini agar penanganan dari penyakit kulit tersebut bisa tepat dan flek hitam bisa segera hilang.

Demikian beberapa hal yang menyebabkan munculnya flek hitam di wajah. Kita perlu selalu berusaha menjaga dan merawat wajah kita agar terhindar dari flek hitam yang mengganggu ini.