Tips Cara Memilih Hosting Untuk Website Bisnis

Zaman sekarang kalau punya bisnis tidak punya web, kayaknya boleh dibilang sebagai ketinggalan. Mengapa? Zaman sekarang segalanya sudah terkoneksi dengan internet. Semua ada di internet. Mudah sekali mengaksesnya Seperti halnya website yang isinya tentang bisnis yang kita kelola. Memang memilih hosting adalah hal yang gampang gampang susah. Kita harus jeli untuk memilih hosting mana yang akan kita pilih.

Menggunakan shared hosting sama dengan menggunakan satu server untuk bersamaan, bisa dengan puluhan atau ratusan orang, sehingga kinerja dari hosting bergantung pada semua individu yang menempatinya, jika banyak yang menggunakan sumberdaya berlebihan tentunya akan mengganggu pengguna lainnya, dengan keadaan tersebut banyak penyedia shared hosting memberlakukan peraturan ketat dalam TOS mereka, agar semua penghuni shared hosting mendapatkan layanan optimal, maka sebaiknya saat kita memilih penyedia hosting, pilih yang memiliki reputasi baik, serta sudah lama menyediakan jasa di bidang ini. Menangkap peluang usaha apa pun harus selalu kita lengkapi dengan kemampuan website yang mumpuni.

Cara mudah menilai reputasi penyedia hosting adalah dengan cara manual yaitu, search di google dengan kata kunci “ kelemahan dengan web hosting xxxx” pelajari masalah masalah yang pernah dihadapi penyedia hosting tersebut dan perhatikan tanggapan dan solusi yang mereka diberikan. Ini berdasar pengalaman bahwa cara itu sudah cukup ampuh untuk menilai hosting tersebut.

Tidak sedikit yang memberikan review untuk layanan web hosting, dikarenakan memang pengguna hosting adalah para onliner yang aktif di banyak forum atau website pribadi yang mereka kelola.

Berikut dalam memilih hosting perhatikan beberapa fitur yang diberikan, Ini penting agar kita tak kecewa :

  1. Perhatikan Cpu usage
    beberapa penyedia personal shared hosting memberikan setengah atau satu cpu utuh untuk maksimal proses yang mereka limit, tentunya semakin besar semakin baik.
  2. Lihatlah Memory Usage
    Untuk Personal shared hosting rata-rata memberikan 256 atau 512, dan jika bisnis bisa mencapat 1024
  3. I/O Usage
    Rata rata memberikan 1024
  4. Disk Space
    Sesuai dengan spesifikasi yang kita sewa, rekomendasi minimal 200 MB untuk aktif blog atau small toko online, tetapi untuk web statik boleh dibawah itu.
  5. Monthly Bandwidth
    Sesuai dengan spek yang kita sewa, usahakan lebih dari 5 Gb.
  6. Pertimbangkan juga berapa biaya yang dikeluarkan
    Harga yang wajar menjadi pilihan kita. Tetapi juga harus kita lihat kemampuan kita. Mampu beli tidak? Meskipun banyak yang menawarkan harga murah tapi jangan langsung terpesona, hehehe.. Tetap saja diteliti. Telitilah sebelum membeli. Kita bandingkan dengan penyedia hosting lainnya dulu.
  7. Lihatlah pelanggan hosting tersebut
    Kepercayaan bisa dilihat dengan melihat para pelanggan hosting tersebut. Bagaimana testimoni para klien dan pengguna jasa hosting yang mau kita pilih. Tetapi, pastikan pula testimoni mereka asli bukan tipuan.

Nah itulah tips praktis memilih hosting untuk website yang tepat. Tunggu apalagi untuk melaunching web bisnis kita. Sehingga semakin terkenal dan tentu saja akan lebih sukses usaha kita. Semoga bermanfaat.