Tips Memilih Buah Pir Yang Bagus

Buah yang satu ini memang khas rasanya. Enak dan manis sehingga sangat banyak orang yang menyukainya. Buah pir sering dipilih sebagai buah untuk keluarga. Terbukti dengan seringnya buah pir ini dibeli untuk dibawa pulang ke rumah. Di simpan di kulkas untuk bisa bertahan berhari-hari. Saat hendak menikmatinya nanti tinggal mengambilnya dari kulkas. Buah pir pun tetap segar dan enak untuk dimakan. Rasanya yang khas manisnya membuat tidak akan bisa tersaingi atau disamai oleh buah yang lainnya.

Mendapatkan buah yang enak ini pun tidaklah sulit. Kita tidak perlu sulit-sulit dalam mencari buah pir tersebut. Di banyak warung atau toko buah bisa kita mendapatkannya. Buah pir termasuk jenis buah yang hampir selalu ada di toko buah. Artinya tidak begitu terpengaruh oleh musim apa pun. Mengenai hal harga juga sangat murah. Semua orang terjangkau untuk bisa membelinya. Tidak perlu kita keluar uang yang banyak untuk bisa membeli sekilo buah pir.

Kala kita hendak membeli buah pir maka kita tentu perlu memilihnya terlebih dahulu. Pastikan buah pir yang akan kita beli itu memang bagus betul kualitasnya. Jangan sampai nanti membeli buah pir yang tidak bagus. Karena kita akan membelikan buah pir untuk seluruh anggota keluarga juga di samping kita sendiri yang nanti akan menikmatinya juga. Berikut ini ada beberapa tips memilih buah pir yang bagus.

  1. Melihat kulitnya buah pir tersebut.
    Kita sangat perlu untuk melihat kulit dari buah pir tersebut. Dengan kulit dari buah pir tersebut bisa kita menandakan kualitas dari buah pir. Untuk buah pir yang berkualitas bagus maka kulitnya terlihat mulus. Pada kulitnya tidak ada bercak-bercak yang terlihat dengan jelas.
  2. Mengecek aroma dari buah pir tersebut.
    Pada buah pir yang telah tua dan matang maka perlu untuk kita cek aromanya. Apakah buah pir tersebut mengeluarkan aroma atau tidak menjadi ciri khas matangnya buah pir. Untuk mendapatkan hasil pengecekan yang akurat maka kita perlu mencium buah pir tersebut. Bila mana buah pir tersebut telah mengeluarkan aroma yang khas maka berarti buah pir tersebut sudah matang dan siap untuk dikonsumsi.
  3. Memperhatikan ukuran dari buah pir.
    Buah pir mempunyai ukuran yang mirip dengan buah apel. Dalam bentuknya juga agak mirip dengan buah apel. Untuk buah pir yang bagus dan lebih manis rasanya maka pilihlah buah pir yang ukurannya besar. Semakin besar ukurannya maka kemungkinan besar buah pir tersebut akan semakin manis.
  4. Memperhatikan tekstur buah pir.
    Untuk buah pir yang matang dan sudah siap untuk segera dikonsumsi maka memiliki tekstur yang agak lembut tatkala kita tekan. Tentu saja untuk menekannya tidak perlu terlalu keras-keras. Ini dalam rangka untuk mengeceknya saja. Namun, apabila anda ingin membeli buah pir lalu tidak akan langsung untuk menikmatinya. Dalam arti buah pir tersebut ingin disimpan terlebih dahulu untuk beberapa waktu maka bisa memilih buah pir yang masih agak keras ketika ditekan.
  5. Tidak memilih buah pir yang ada goresan atau luka.
    Ketika kita hendak membeli buah pir maka perlu memastikan pada kulitnya tidak ada goresan. Goresan yang terdapat pada buah pir akan menjadikannya lebih mudah rusak. Jika buah pir sudah rusak maka tidak enak untuk dikonsumsi. Alhasil, buah pir tersebut tidak berkualitas.

Itulah beberapa tips dalam memilih buah pir. Pastikan kita tidak salah dalam memilih buah pir yang akan kita beli dan akan kita konsumsi nantinya.