Tips Memilih Buah Srikaya Yang Bagus

Barangkali ada teman-teman yang masin belum mengenal tentang buah srikaya. Memang buah ini tidak sebegitu terkenal seperti buah mangga, pisang, nanas, dan jambu. Tidak setiap orang pula yang tahu tentang buah srikaya. Memang pada kenyataannya buah srikaya tidak terlalu banyak yang menjualnya. Setidaknya bila dibandingkan dengan pelbagai buah yang terkenal semacam pisang dan nanas. Namun, ketika kita sudah mengenal buah ini dan sekaligus mencicipi rasanya maka akan minta lagi. Ingin untuk menikmati buah srikaya ini kembali. Mengapa begitu? Sebab rasa dari buah srikaya ini memang amat manis dan enak. Rasa manisnya pun khas. Tidak sama dengan rasa manis dari buah yang lainnya. Baik itu anak-anak atau orang dewasa semuanya pada menyukainya.

Mengetahui tips memilih buah srikaya yang bagus dan manis menjadi hal yang amat penting untuk kita. Pengetahuan seperti ini amat perlu kita miliki. Dengan kita sudah punya ilmu bagaimana memilih buah srikaya yang bagus maka tinggal kita praktekkan ketika kita nanti akan membeli buah tersebut. Buah srikaya ini bisa juga dijadikan sebagai buah tangan tatkala kita hendak pulang dari bepergian yang jauh. Bisa pula saat kita sedang berkunjung ke rumah saudara yang jauh dari rumah.

Pada buah srikaya ini juga terkandung berbagai zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Kandungan vitaminnya sangat banyak. Di dalam buah srikaya pun terdapat kandungan serat yang tinggi. Sehingga tidak salah jika orang yang mengkonsumsi buah srikaya akan mendapatkan manfaat yang besar pada sistem pencernaanya. Luar biasa sekali buah ini. Mengenai cara menikmati buah srikaya ini tidaklah susah. Kita bisa langsung menikmatinya tanpa proses yang berbelit-belit. Nah, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam hal memilih buah srikaya yang bagus. Hal ini agar kita nantinya tidak salah ketika hendak membelinya di warung buah.

  1. Melihat warna buah srikaya.
    Cara ini memang amat sederhana dan mudah sekali. Kita langsung bisa melihat dengan kedua mata kita. Untuk buah srikaya yang matang dan bagus kualitasnya maka warna pada celah yakni kekuningan. Tentu saja tidak sulit untuk melihat hal tersebut.
  2. Mengecek tekstur buah srikaya.
    Tekstur buah srikaya ini bisa menandakan apakah buah srikaya tersebut sudah matang atau belum. Cobalah mengecek sisik kulit dari buah srikaya tersebut. Sebagai sebuah ilustrasi bagi yang belum melihat buah srikaya maka perlu kami jelaskan sedikit mengenai kulit buah tersebut. Buah srikaya kulitnya seperti ada sisik-sisiknya. Jadi tidak seperti buah mangga yang teksturnya halus. Untuk buah srikaya yang sudah tua dan matang maka sisik kulitnya berukuran besar-besar. Kemudian terdapat jarak yang begitu renggang diantara sisik-sisiknya tersebut.
  3. Mencium aroma dari buah srikaya.
    Mencium aroma ini sangatlah mudah juga. Tidak termasuk hal yang sulit untuk dilakukan dalam mencium aroma. Untuk buah srikaya yang sudah matang dan berasa manis maka akan mengeluarkan aroma yang khas. Kita bisa mengetahui aromanya ini dengan kita mendekatkan posisi kita dengan buah srikaya tersebut. Tidak dengan jarak yang jauh.
  4. Memeriksa buah srikaya.
    Kita perlu memeriksa buah srikaya. Kita perlu memilih buah srikaya yang lembut dan bila dipencet tidak keras atau lunak. Dengan lunak seperti itu maka buah srikaya biasanya sudah matang. Buah srikaya yang matang tentu rasanya akan manis. Tetapi kita pun jangan memilih buah srikaya yang terlalu lembut atau sangat lunak. Bisa jadi malah buah srikaya tersebut sudah terlalu matang atau bahkan hampir busuk.