Tips Memilih Tomat Yang Baik

Tomat bukanlah buah yang asing bagi masyarakat. Buah tomat ini sudah sangat familier. Semua orang sudah amat mengenalnya. Di pasar pun banyak sekali orang yang menjualnya. Orang-orang yang menanam sendiri tomat juga banyak. Bahkan di sekitar pekarangan rumah sering ditanami tomat dengan menggunakan pot atau langsung di tanah. Namun begitu, orang yang membeli tomat pun tetap banyak. Kebutuhan akan buah tomat ini sangatlah besar. Amat wajar banyak orang yang membeli tomat ini sebab tomat bisa dibuat bahan berbagai menu masakan. Ada soto, bakmi jawa, nasi goreng, sayur bening, oseng tomat, dan lain sebagainya.

Belum lagi buah tomat ini dibuat jus yang segar dan enak. Dimakan langsung pun tomat juga enak. Tomat memiliki segudang manfaat yang luar biasa. Salah satu yang penulis langsung merasakan ialah bisa untuk obat sariawan. Caranya cukup mudah untuk menjadikan tomat sebagai obat sariawan. Ketika kita hendak tidur maka makanlah satu biji buah tomat. Setelah makan jangan minum atau makan apa pun. Tidak boleh pula gosok gigi sesudah makan tomat ini. Langsung tidur saja sampai pagi. Cukup mengulangi makan tomat dua kali sebelum tidur malam saja sudah sembuh sariawannya.

Ketika kita membutuhkan tomat maka kita mesti membelinya. Kita keluarkan sedikit uang untuk membeli tomat. Harga tomat pun tidaklah mahal tetapi malah amat murah sekali. Tetapi kita tidak boleh melupakan cara bagaimana memilih tomat yang baik. Berikut ini kita simak tips memilih tomat yang bagus.

  1. Pilih berdasarkan warnanya
    Secara umum tomat berwarna merah menyala. Warnanya amat mencolok bila dilihat. Sehingga amat mudah mengenali buah ini. Ketika kita membeli tomat sebaiknya dipilih yang warnanya sudah merah tua bila kita ingin langsung dikonsumsi. Berbeda bila kita tidak akan langsung mengkonsumsi tomat tersebut. Kita sebaiknya memilih tomat yang warnanya masih sedikit hijau. Hal ini dimaksudkan agar saat nanti kita mengkonsumsinya maka tomat sudah benar-benar matang dengan ditandai warna kulitnya merah menyala. Pas pada waktunya dengan menggunakan cara seperti ini. Tidak disarankan memilih tomat yang sudah berwarna merah kusam. Warna tomat seperti ini dimungkinkan menandakan tomat tersebut akan segera busuk dan tidak enak dikonsumsi.
  2. Melihat tekstur permukaan kulitnya
    Pastikan tomat yang kita pilih itu pada bagian permukaan kulitnya kencang dan masih halus. Tidak sedikitpun bagian yang retak dan lipatan-lipatan. Ketika dipegang maka enak disentuh. Tidak ada benjolan pada permukaan kulit dari tomat tersebut.
  3. Mengecek berat tomat
    Tidak perlu kita menggunakan sebuah neraca untuk melakukannya. Maksud mengecek berat tomat di sini hanyalah untuk mengukur keseimbangan antara besar tomat dan beratnya. Bila sudah sesuai maka berarti tomat tersebut bagus kualitasnya. Tetapi sebaliknya. Bila tomat terlihat besar tapi kok sangat ringan maka ini ada yang tidak beres. Sangat mungkin kualitas tomat tersebut kurang baik.
  4. Kondisi tomat utuh
    Kita mesti memastikan buah tomat yang kita pilih itu tidak ada benyok atau ada bagian yang sudah terbuka. Tak ada bagian tomat yang tergores. Tomat yang kita pilih harus benar-benar utuh.
  5. Melihat pangkal tomat
    Kita pastikan pangkal tomat masih normal. Tidak terlihat di pangkal tomat itu bau yang asam. Juga tidak ada air di pangkalnya.

Demikian tips memilih tomat yang bagus dan berkualitas. Sangat bermanfaat tentu cara seperti di atas.