Tips Mengemudi Mobil Dalam Jarak Yang Jauh

Bepergian yang jauh memang kadang kita lakukan. Kita yang memiliki mobil memang sering mengemudi sendiri. Baik dalam jarak yang dekat maupun yang jauh. Mengemudi mobil terkadang menjadi hobi tersendiri. Artinya tidaklah menyiksa bila mengemudi mobil itu dilakukan setiap hari. Tak ada perasaan berat hati ketika meski mengemudikan mobil tersebut. Bahkan malah sebaliknya, diri kita merasa terhibur dengan kita bisa mengemudikan mobil ke banyak tempat tujuan. Berbagai pemandangan bisa dilihat dari depan kaca mobil ketika kita mengemudi.

Kadang kala kita pun mesti mengemudi mobil dalam jarak yang lumayan jauh. Ada banyak acara yang memang mengharuskan kita harus bepergian jauh dengan naik mobil. Misalnya saja ketika kita hendak berlibur ke tempat orang tua di kampung. Di hari lebaran biasanya ada tradisi mudik ke luar kota. Juga saat kita hendak Ketika jarak yang kita tempuh begitu jauh maka durasi mengemudi pun juga lumayan lama. Untuk mengemudi jarak yang jauh ini kita memang perlu energi yang berlebih. Kita mesti mengeluarkan tenaga dan konsentrasi yang lebih dari biasanya. Untuk itu kita sebaiknya melakukan berbagai persiapan yang cukup matang. Perjalanan yang jauh yang kita tempuh perlu banyak persiapan. Berikut ini kami sampaikan tips mengemudi mobil dalam jarak yang jauh.

  1. Memeriksa kondisi ban mobil
    Sebetulnya, kebiasaan memeriksa kondisi ban mobil itu tidak hanya saat kita hendak bepergian saja. Setiap hari kita perlu memeriksa kondisi ban mobil. Terlebih lagi jika kita hendak bepergian ke tempat yang jauh. Maka perlu sekali untuk sering-sering memeriksa kondisi ban mobil. Jarak yang begitu jauh memerlukan kondisi ban yang masih bagus. Klo ban dalam kondisi kurang bagus sebaiknya diganti saja. Takutnya nanti ada masalah di perjalanan. Tekanan angin pun harus diperhatikan betul
  2. Sebelum berangkat hendaknya istirahat yang cukup
    Perjalanan yang jauh memerlukan daya tahan tubuh dan energi yang kuat. Maka sebelum berangkat kita sudah memastikan fisik kita dalam keadaan prima. Tidur yang cukup menjadi hal yang mesti dilakukan. Tidur adalah bentuk istirahat yang paling efektif untuk tubuh kita. Jangan sampai saat di jalan nanti kita malah mengantuk. Sangat berbahaya bila di perjalanan seorang sampai mengantuk.
  3. Memeriksa oli mesin
    Oli mesin ini sangat penting untuk diperiksa. Ketika kita mendapati kualitas oli mesin yang berkurang maka sebaiknya segera diganti bila hendak melakukan perjalanan yang jauh. Oli mesin yang masih bagus akan menjadikan perjalanan dengan mobil lebih lancar dan enak.
  4. Mengecek AC mobil
    Pastikan AC mobil menyala dengan baik. Ketika kita mengemudi dalam jarak yang jauh otomatis kita pun berada di dalam mobil dalam waktu yang relatif lama. Untuk menunjang kenyamanan kita dan juga para penumpan lainnya maka AC mobil mesti menyala.
  5. Memeriksa rem
    Sistem pengereman mobil sangatlah penting untuk kita periksa. Jangan sampai mobil sistem pengeremannya bermasalah saat kita sudah dalam perjalanan. Keselamatan mesti diutamakan dalam kita mengemudi mobil. Apalagi bila kita mengemudi dalam jarak yang jauh. Kita mesti memeriksa dengan baik sistem pengereman mobil yang akan kita pakai.
  6. Memakai pakaian yang enak
    Nyaman dan enak atas pakaian yang kita pakai sangat membantu kita mengemudi. Kenyamanan dalam berpakaian ini turut memperlancar tugas kita mengemudi dalam jarak yang jauh. Jika siang hari maka perlu memakai pakaian yang tidak tebal. Sebaliknya bila berkendaraan di malam hari maka kita perlu pakaian yang cukup tebal.
  7. Membawa dokumen yang penting
    Ketika seorang pengemudi sedang berkendaraan di jalan raya maka ia mesti membawa beberapa dokumen penting. Diantara dokumen tersebut antara lain SIM (Surat Izin Mengemudi) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).