Tips Mengeringkan Helm Biar Tidak Bau Apek

Sebagai seorang pengendara sepeda motor maka memiliki helm menjadi sebuah kewajiban. Tidak hanya sekedar membeli saja. Tetapi yang paling penting ketika sudah memiliki maka perlu untuk segera memakainya selalu. Kala sedang berkendara sepeda motor di jalan raya hendaknya memakai helm. Ini sebuah keharusan yang mesti dilakukan. Tidak hanya sekedar untuk melaksanakan kewajiban saja. Memakai helm menjadikan lebih aman dan juga nyaman. Kepala kita lebih terlindungi saat berkendaraan roda dua tersebut.

Saat di jalan kita akan lebih terlindung dari angin. Kedua mata kita terlindungi sehingga meski ada hempasan angin yang kencang pun akan tetap nyaman. Ketika siang hari begitu panas menyengat sinar matahari. Namun, jika kita mengenakan helm maka kita bisa terlindung dari panasnya matahari tersebut. Di musim penghujan pun, tatkala turun hujan yang amat deras maka kita menggunakan jas hujan. Dengan menggunakan helm maka mengenakan jas hujan pun menjadi lebih enak. Berbeda kalau tidak pakai helm. Kita akan lebih kesulitan di dalam mengenakan jas hujan. Setidaknya dirasakan kurang nyaman.

Satu hal yang sering terjadi ketika di musim hujan yakni sering kehujanan. Maklumlah karena pada waktu musim hujan itu sangat sering turun hujan. Tidak jarang dalam sehari semalam malah hujan berkali-kali. Kadang deras terkadang cuma gerimis. Kita yang sering keluar rumah dengan naik sepeda motor tentu akan sering kehujanan. Salah satu akibatnya, helm yang kita pakai pun akan menjadi basah kuyup. Karena begitu derasnya terkadang bagian dalam pun menjadi ikut basah. Kondisi helm bagian dalam dan luar yang basah setiap hari tentu akan mengakibatkan bau yang tak sedap atau apek. Maka dari itu kita perlu melakukan sesuatu yang kiranya bisa mengatasi permasalahan tersebut. Hal yang bisa kita lakukan yakni dengan mengeringkan helm biar tidak mengeluarkan bau apek. Berikut ini ada beberapa tips dalam mengeringkan helm.

  1. Taruh helm di tempat yang enak untuk siap dibersihkan.
    Sangat penting untuk kita menaruh helm di tempat yang enak. Karena membersihkan dan mengeringkan helm ini juga perlu waktu yang tidak amat singkat. Misalnya menaruh helm di kursi atau meja. Terserah kita saja. Yang terpenting kita akan mudah dalam membersihkan dan mengeringkannya nanti.
  2. Mengelap helm pada bagian luar.
    Di bagian luar helm perlu kita lap dahulu dengan kain yang menyerap air. Pilih kain yang halus juga. Sering kain tersebut dinamakan kain microfiber. Kaca depan helm termasuk juga bagian yang harus kita lap dengan kain ini. Untuk mengelap bagian kaca helm ini maka perlu sekali kehati-hatian. Jangan sampai tergesa-gesa sehingga meninggalkan goresan di kaca helm. Tentu ini amat disayangkan bila terjadi.
  3. Membersihkan bagian dalam helm.
    Tidak hanya bagian luarnya saja yang dibersihkan. Perlu sekali kita mengelap bagian dalam helm dari kaca helm. Kemudian untuk bagian dalam berupa busa maka sebaiknya kita copot dan bersihkan dengan deterjen busa helm tersebut. Jika perlu disikat maka gunakan sikat yang amat halus. Tetapi mengenai membersihkan busa ini sebaiknya tidak terlalu sering karena dikhawatirkan bisa membuta rusak. Untuk mengeringkan busa helm ini cukup di angin-anginkan saja. Bisa pula ditaruh dekat dengan kipas angin. Mengapa tidak dijemur di bawah sinar matahari langsung atau menggunakan hair dryer? Sebab suhu panas yang berlebih bisa mengakibatkan busa helm ini rusak. Kalau pun ingin menjemurnya di bawah sinar matahari maka diusahakan tidak terlalu lama. Untuk pengeringan helm bagian luar maka cukup di diamkan saja maka akan mudah kering dengan sendirinya.
  4. Semprot dengan parfum anti bakteri.
    Dengan menyemprotkan parfum anti bakteri maka helm kita akan menjadi wangi dan tidak ada bakteri yang bersarang di situ. Yang disemprot dengan parfum ini terutama pada bagian dalam helm. Jangan lupa, tunggulah sampai helm kering dulu ketika hendak menyemprotnya dengan parfum anti bakteri ini.
  5. Untuk menambahkan wangi bisa ditambah bau-bauan lainnya.
    Kita bisa menambahkan pewangi untuk helm sesuai selera kita.

Demikian tips ini. Kiranya menjadi tambahan referensi yang berharga untuk anda semua.