Tips Penting Dalam Membeli Mouse

Tips Penting Dalam Membeli Mouse

Saat kita akan membeli mouse maka sebaiknya jangan terburu-buru atau tergesa-gesa. Kita perlu mempelajari cara mendapatkan mouse yang terbaik. Tentu mouse yang sesuai dengan harapan kita. Kita akan membeli mouse karena kita butuh betul akan barang yang satu ini. Dengan telah membelinya maka kita akan mendapatkan kemudahan dan fasilitas yang lainnya. Sehingga pekerjaan atau aktivitas kita akan semakin lancar jaya. Mouse tidak hanya dipakai hanya sekali waktu saja. Akan tetapi ketika kita sudah memilikinya maka perangkat mouse tersebut umumnya dipakai untuk selama-lamanya sampai mouse rusak atau tidak bisa dipakai lagi.

Mouse bisa digunakan untuk PC, laptop dan juga netbook. Memang ada anggapan dari beberapa orang yang mengatakan kalau membeli mouse itu asal-asalan saja. Pokoknya harganya yang murah meriah. Nanti kalau rusak cukup ganti saja atau beli lagi. Praktis kata sebagian orang tersebut. Meski pun harga mouse mungkin tidak begitu mahal namun menurut kami kita tetap perlu selektif. Walau pun harganya murah tetap saja kita menginginkan kualitas yang terbaik dan tahan lama bisa dipakai. Saat kita berencana hendak membeli mouse maka kita perlu membaca artikel ini. Kita mesti tahu tips penting dalam membeli mouse sesuai kebutuhan.

  1. Perlu memilih mouse untuk gaming atau penggunaan biasa
    Umumnya mouse dibagi menjadi dua kategori. Mouse untuk penggunaan biasa dan mouse untuk gaming. Untuk mereka yang menggunakan laptop dan komputer secara normal saja, seperti para karyawan di kantor, kebutuhan pekerjaan rumahan, mengetik surat, mengetik tugas-tugas di sekolah atau universitas maka kita cukup membeli mouse biasa saja. Namun, berbeda halnya bila kita sangat hobi game atau sering disebut sebagai seorang gamer. Untuk penggunaan laptop seperti ini maka perlu untuk membeli mouse jenis gaming. Memang ada perbedaan dari dua jenis mouse ini. Khusus untuk mouse gaming memiliki daya tahan yang luar biasa. Mouse jenis ini punya kemampuan dipakai melakukan klik puluhan sampai jutaan di tombolnya. Seorang gamer memang sangat sering melakukan klik pada mouse saat memainkan game. Apalagi saat gamenya lagi seru.
  2. Memperhatikan DPI (Dots Per Inch)
    Mengecek spesifikasi DPI atau Dots Per Inch ini sangatlah penting. Mungkin istilah seperti ini agak asing di indera dengar kita. Namun, ternyata kita sangat perlu memperhatikan spesifikasi DPI kala ingin membeli mouse yang baru. DPI dipakai untuk menentukan seberapa mampu kursor mouse bergerak saat secara fisik kita menggerakkan mouse dengan tangan. Memang untuk pengguna dengan pekerjaan yang biasa dan ringan seperti pekerjaan di kantor yang hanya untuk mengetik surat dan sejenisnya maka kita tak perlu memperhatikan spesifikasi dari DPI ini. Namun, untuk mereka yang mengerjakan desain grafis dengan komputer dan laptop maka DPI ini perlu kita perhatikan betul. Misalnya saja saat kita menggunakan atau mengoperasikan program adobe phot shop. Untuk hasil edit foto yang lebih transisi dan akurasinya lebih bagus maka perlu untuk memperhatikan yang namanya DPI ini. Termasuk bagi sebagian kita yang hobi menggunakan game. Spesifikasi DPI dari mouse akan sangat berbepengaruh sekali. Nilai DPI yang besar pada mouse akan berpengaruh terhadap reaksi tertentu saat menjalankan game.
  3. Memilih Mouse Wireless atau Wired
    Maksud mouse wireless adalah mouse tanpa menggunakan kabel. Sedangkan mouse wired menggunakan kabel yang dipasangkan atau dicolokkan ke port USB di laptop atau komputer. Kita perlu untuk memilihnya karena masing-masing ada keunggulannya.
  4. Kenyamanan mouse
    Kita perlu pula memperhatikan tingkat kenyamanan saat menggunakan mouse. Bagaimana pun kita sering menggunakan mouse ini. Maka kenyamanan harus menjadi pertimbangan kita.
  5. Harga dari mouse
    Ini juga hal yang kadang terabaikan. Ada mouse yang mahal dan juga murah. Meski pada umumnya harga yang mahal itu memiliki beragam fasilitas dan kelebihan namun kita juga perlu memperhatikannya. Sesuaikan dengan uang yang kita miliki.

Begitulah tips penting dalam kita membeli mouse. Sangat disarankan untuk memahaminya agar lebih paham dan kita bisa mendapatkan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *